KONSEP SISTEM & SISTEM INFORMASI

 :

1.    DEFINISI DAN PENGERTIAN SISTEM

·         SISTEM  adalah Sekumpulan elemen yang saling berkaitan & saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
·         SUBSISTEM adalah Sistem didalam suatu system dimana sistem berada pada lebih dari satu tingkat.
·         SUPRASISTEM adalah bagian dari system yang lebih besar.

·         Produk (product)       :Produk apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
·         Promosi (Promotion) :Meningkatkan atau mendorong penjualan.
·         Tempat (Place)          :Cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui saluran distribusi.
·         Harga (Price)            :Terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan.


KARAKTERISTIK SISTEM:

1.    Komponen(Elemen)
Ø     Subsistem Penelitian Pemasaran (Riset Pemasaran)
Subsistem penelitian pemasaran merupakan sistem yang berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan.
Ø  Subsistem Intelijen Pemasaran
Tiap area fungsional bertanggung jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan elemen-elemen tertentu dilingkungan pemasaran yang memliki tanggung jawab utama pada pelanggan dan pesaing. Seperti area fungsional lainnya, pemasaran juga memiliki tanggung jawab pada pemerintah dan komunitas global.
Ø  Subsistem Produk
Subsistem produk berguna untuk membuat rencana produk baru.
1.    Siklus hidup produk
Tugas manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur dalam bauran pemasaraan dan kemudian mengintegrasikan menjadi suatu rencana pemasaran yang menyeluruh. Suatu kerangka kerja yang disebut siklus hidup produk mengarahkan manajer dalam membuat keputusan-keputusan ini seperti arti namanya siklus hidup produk.
1.    Model evaluasi produk baru
Keputusan untuk mengembangkan produk baru harus dipertimbangkan secara matang dan dengan dasar keuangan yang baik dan dibuat oleh eksekutif. Perusahaan yang memperkenalkan banyak produk baru mengembangkan suatu prosedur formal yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensi tingkat keuntungan dan efisiensi penggunaan sumber daya.
Ø  Subsistem Tempat
Pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yang sesuai dengan pelemparan produk yg dihasilkan sangat menentukan tingkat penjualan produk. Untuk itu, posisi subsistem ini sangat vital dalam keberadaanya.
Ø  Subsistem Promosi
Subsistem promosi berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
Ø  Subsistem Harga
Subsistem harga berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.



1.    Penetuan harga berdasarkan biaya
Beberapa perusahaan menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya dengan menentukan biaya-biaya mereka dan menambahkan mark up yang diinginkan. Jika perusahaan memilki SIA yang baik, tersedia data biaya yang akurat mambuat tugas Subsistem harga menjadi mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.

1.    Penentuan harga berdasarkan permintaan
Kebijakan harga yang kurang berhati-hati adalah penentuan harga berdasrakan permintaan yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen terhadap produk.
Ø  Subsistem Karyawan
Subsistem karyawan berfungsi untuk mengatur dan mengorganisir karyawan dalam PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Ø  Subsistem Gaji
Subsistem gaji berfungsi untuk mengelola gaji pada setiap karyawan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2.    Batasan(Boundary)
Batasan dalam PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Adalah dari banyak tidaknya konsumen, harga barang baku, dan dana dalam pembuatan produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
3.    Lingkungan Luar Sistem(Environment)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Didirikan oleh Benny Kristianto, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk termasuk ke dalam salah satu cabang salim group. Adapun pesaingnya adalah PT. Prakarsa Alam Segar dimana pemiliknya adalah Wings Food.
4.    Penghubung Sistem(Interface)
Seperti kebanyakan perusahaan, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam menghubungkan Subsistem/system menggunakan aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll.


5.    Masukkan (Input)
Masukkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk berupa pasokan bahan baku pembuatan Mie, adapun masukkan dalam bentuk non transaksi berupa surat permintaan pemesanan bahan baku kepada supplier.
6.    Keluaran (Output)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi noodle merupakan salah satu cabang perusahaan yang dimiliki Salim Group yang memproduksi mie instan. Jenis produk mie instant yang dihasilkan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung dapat dilihat pada Tabel 3 berikut ini:
Tabel 3 Produk yang Dihasilkan PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
NO
PRODUK
JUMLAH VARIAN RASA
1
Indomie
8
2
Indomie Special
2
3
Indomie Vegan
2
4
Indomie Regional Flavor
11
5
Indomie Kriuk
3
6
Indomie Jumbo
2
7
Indomie SQN
6
8
Indomie Paket
4
9
Supermie Reguler
4
10
Supermie Sedaaap
3
11
Supermie Go Series
3
12
Sarimi
6
13
Sarimi Extra Besar
6
14
Sakura
6
15
Intermi
1
16
POP Mie
15
17
Mie Telor
2
18
Anak Mas
2
19
POP Bihun Spesial
4

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera konsumen.
Produk yang dihasilkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi mi instan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
1.    Bag Noodle, yaitu mie instan dalam kemasan bungkus; dan
2.    Mie telor, yaitu mi yang dalam proses pembuatannya tidak digoreng melainkan dikeringkan.





Pengemasan mie adalah proses penyatuan dan pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid ingredient lainya dengan menggunakan etiket sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tujuan dari proses pengemasan adalah untuk melindungi mie dari kemungkinan-kemungkinan tercemar atau rusak sehingga mie tidak mengalami penurunan mutu ketika sampai kepada konsumen. Setelah dikemas, selanjutnya mie tersebut akan dimasukkan ke dalam karton. Setelah mie dimasukkan ke dalam karton seluruhnya, karton akan direkatkan dan kemudian menuju gudang untuk disalurkan.

7.    Sasaran Sistem(Objective)
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah (1) memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis; (2) mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan; (4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
JENIS-JENIS SISTEM
1.    Sistem abstrak dalam PT. Indofood Suskes Makmur Tbk berupa system teologi yaitu sebuah gagasan untuk mengetahui langkah kedepan sebuah perusahaan yang termasuk visi dan misi, berikut visi dan misi PT. Indofood Suskes Makmur Tbk. ;
Visi        : “Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.

Misi       : “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.
2.    Sistem Fisik dalam PT. Indofood Sukses Makmur berupa sebuah system koputer baik software ataupun hardware serta sistem transportasi, system transportasi yang dimaksud adalah sistem  transportasi pendistribusian produk perusahaan.
3.    Sistem Deterministik
sistem yg operasinya dapat diprediksi secara tepat
contoh : program komputer
4.    Sistem Probabilistik
sistem yg tidak bisa diramal dgn pasti karena
mengandung unsur probabilitas
contoh : arisan, stok barang

5.    Sistem Tertutup
sistem mandiri, sistem yg tidak bertukar materi, atau energi dgn lingkungan(tidak  dipengaruhi oleh lingkungan)
 contoh : reaksi kimia dlm sebuah tabung tertutup
6.    Sistem Terbuka
sistem yg berhubungan dgn lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan
contoh :sistem keorganisasian, sistem penawaran
7.    Sistem alamiah
sistem yg terjadi karena alam (tidak dibuat oleh manusia)
contoh : sistem tata surya
8.    Sistem buatan manusia
sistem yg dibuat oleh manusia
contoh : sistem komputer, sistem mobil

PEMBENTUKAN SUBSISTEM
·         Pengunsuran(Factoring)
Dalam perancangan sistem PT. Indofood Sukses Makmur terdiri bari beberapa subsistem

·         Penyederhanaan (Simplikasi)
Setiap sistem atau subsistem memiliki masukan, keluaran, dan interface dengan subsistem-subsistem lainnya, sehingga akan menyebabkan banyak interface
yg harus didefinisikan. Oleh karena itu diperlukan suatu
penyederhanaan pada penggambaran interface

·         Pemisahan (Decoupling)
Jika dua subsistem yg berhubungan sangat erat membutuhkan suatu koordinasi & penjadwalan waktu yg ketat. pemecahannya adalah dgn memisahkan atau mengendorkan hubungan tersebut sehingga kedua sistem dapat beroperasi
sejenak secara bebas.
            PENGENDALIAN DALAM SISTEM
·         Menggunakan feedback, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Menggunakan umpan balik dari karyawan maupun konsumen untuk mengendalikan jalannya perusahaan sesuai dengan tujuan dan untuk membandingkan keluaran pada suatu sistem dengan target pengeluaran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP