KONSEP SISTEM & SISTEM INFORMASI
:
1.
DEFINISI
DAN PENGERTIAN SISTEM
·
SISTEM adalah Sekumpulan elemen yang saling berkaitan
& saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu
tujuan.
·
SUBSISTEM adalah Sistem didalam suatu system dimana
sistem berada pada lebih dari satu tingkat.
·
SUPRASISTEM adalah bagian dari
system yang lebih besar.
·
Produk
(product)
:Produk apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
·
Promosi
(Promotion) :Meningkatkan
atau mendorong penjualan.
·
Tempat
(Place)
:Cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan
melalui saluran distribusi.
·
Harga
(Price)
:Terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh
pelanggan.
KARAKTERISTIK
SISTEM:
1.
Komponen(Elemen)
Ø Subsistem Penelitian
Pemasaran (Riset Pemasaran)
Subsistem penelitian
pemasaran merupakan sistem yang berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan
analisis data pelanggan dan calon pelanggan.
Ø Subsistem Intelijen Pemasaran
Tiap area fungsional bertanggung
jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan elemen-elemen tertentu dilingkungan
pemasaran yang memliki tanggung jawab utama pada pelanggan dan pesaing. Seperti
area fungsional lainnya, pemasaran juga memiliki tanggung jawab pada pemerintah
dan komunitas global.
Ø Subsistem Produk
Subsistem produk
berguna untuk membuat rencana produk baru.
1.
Siklus hidup produk
Tugas manajer
pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur dalam
bauran pemasaraan dan kemudian mengintegrasikan menjadi suatu rencana pemasaran
yang menyeluruh. Suatu kerangka kerja yang disebut siklus hidup produk
mengarahkan manajer dalam membuat keputusan-keputusan ini seperti arti namanya
siklus hidup produk.
1.
Model evaluasi produk
baru
Keputusan untuk
mengembangkan produk baru harus dipertimbangkan secara matang dan dengan dasar
keuangan yang baik dan dibuat oleh eksekutif. Perusahaan yang memperkenalkan
banyak produk baru mengembangkan suatu prosedur formal yang mempertimbangkan
faktor-faktor seperti potensi tingkat keuntungan dan efisiensi penggunaan
sumber daya.
Ø Subsistem Tempat
Pengambilan keputusan
terhadap penentuan tempat yang sesuai dengan pelemparan produk yg dihasilkan
sangat menentukan tingkat penjualan produk. Untuk itu, posisi subsistem ini
sangat vital dalam keberadaanya.
Ø Subsistem Promosi
Subsistem promosi
berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk
meningkatkan penjualan.
Ø Subsistem Harga
Subsistem harga
berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
1.
Penetuan harga
berdasarkan biaya
Beberapa perusahaan
menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya dengan menentukan biaya-biaya
mereka dan menambahkan mark up yang diinginkan. Jika perusahaan memilki SIA
yang baik, tersedia data biaya yang akurat mambuat tugas Subsistem harga
menjadi mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.
1.
Penentuan harga
berdasarkan permintaan
Kebijakan harga yang
kurang berhati-hati adalah penentuan harga berdasrakan permintaan yang
menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen terhadap
produk.
Ø
Subsistem Karyawan
Subsistem karyawan berfungsi untuk mengatur
dan mengorganisir karyawan dalam PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Ø
Subsistem Gaji
Subsistem gaji berfungsi untuk mengelola gaji
pada setiap karyawan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2.
Batasan(Boundary)
Batasan dalam PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Adalah dari banyak tidaknya konsumen, harga barang baku, dan dana dalam
pembuatan produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
3.
Lingkungan Luar Sistem(Environment)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Didirikan oleh Benny Kristianto, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk termasuk ke dalam salah satu
cabang salim group. Adapun pesaingnya adalah PT. Prakarsa Alam Segar dimana
pemiliknya adalah Wings Food.
4.
Penghubung Sistem(Interface)
Seperti kebanyakan perusahaan, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam
menghubungkan Subsistem/system menggunakan aplikasi, perangkat lunak,
kendaraan, dll.
5.
Masukkan (Input)
Masukkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk berupa pasokan bahan baku
pembuatan Mie, adapun masukkan dalam bentuk non transaksi berupa surat
permintaan pemesanan bahan baku kepada supplier.
6.
Keluaran (Output)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi noodle merupakan
salah satu cabang perusahaan yang dimiliki Salim Group yang memproduksi mie instan. Jenis produk
mie instant yang dihasilkan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung
dapat dilihat pada Tabel 3 berikut ini:
Tabel
3 Produk yang Dihasilkan PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
NO
|
PRODUK
|
JUMLAH VARIAN RASA
|
1
|
Indomie
|
8
|
2
|
Indomie Special
|
2
|
3
|
Indomie Vegan
|
2
|
4
|
Indomie Regional Flavor
|
11
|
5
|
Indomie Kriuk
|
3
|
6
|
Indomie Jumbo
|
2
|
7
|
Indomie SQN
|
6
|
8
|
Indomie Paket
|
4
|
9
|
Supermie Reguler
|
4
|
10
|
Supermie Sedaaap
|
3
|
11
|
Supermie Go Series
|
3
|
12
|
Sarimi
|
6
|
13
|
Sarimi Extra Besar
|
6
|
14
|
Sakura
|
6
|
15
|
Intermi
|
1
|
16
|
POP Mie
|
15
|
17
|
Mie Telor
|
2
|
18
|
Anak Mas
|
2
|
19
|
POP Bihun Spesial
|
4
|
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan
disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi
kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena
itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan,
khususnya selera konsumen.
Produk yang dihasilkan PT Indofood
CBP Sukses Makmur Tbk. divisi mi instan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
1.
Bag Noodle, yaitu mie instan dalam kemasan bungkus; dan
2.
Mie telor, yaitu mi yang dalam
proses pembuatannya tidak digoreng melainkan dikeringkan.
Pengemasan mie adalah proses
penyatuan dan pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid ingredient lainya dengan menggunakan etiket
sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tujuan dari proses pengemasan
adalah untuk melindungi mie dari kemungkinan-kemungkinan tercemar atau rusak
sehingga mie tidak mengalami penurunan mutu ketika sampai kepada konsumen.
Setelah dikemas, selanjutnya mie tersebut akan dimasukkan ke dalam karton.
Setelah mie dimasukkan ke dalam karton seluruhnya, karton akan direkatkan dan
kemudian menuju gudang untuk disalurkan.
7.
Sasaran Sistem(Objective)
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Bandung adalah (1) memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang
usaha internal maupun pengembangan usaha strategis; (2) mengurangi biaya
transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan; (4) mensuplai
daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5) berperan serta
dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
JENIS-JENIS
SISTEM
1.
Sistem abstrak dalam PT. Indofood
Suskes Makmur Tbk berupa system teologi yaitu sebuah gagasan untuk mengetahui
langkah kedepan sebuah perusahaan yang termasuk visi dan misi, berikut visi dan
misi PT. Indofood Suskes Makmur Tbk. ;
Visi : “Menjadi perusahaan yang dapat
memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk
dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi
: “Menjadi perusahaan transnasional
yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.
2.
Sistem Fisik dalam PT. Indofood
Sukses Makmur berupa sebuah system koputer baik software ataupun hardware serta
sistem transportasi, system transportasi yang dimaksud adalah sistem transportasi pendistribusian produk
perusahaan.
3. Sistem Deterministik
sistem yg operasinya
dapat diprediksi secara tepat
contoh : program
komputer
4. Sistem Probabilistik
sistem yg tidak bisa
diramal dgn pasti karena
mengandung unsur
probabilitas
contoh : arisan, stok
barang
5.
Sistem Tertutup
sistem mandiri, sistem yg tidak bertukar materi, atau energi
dgn lingkungan(tidak dipengaruhi oleh
lingkungan)
contoh : reaksi kimia
dlm sebuah tabung tertutup
6.
Sistem Terbuka
sistem yg berhubungan dgn lingkungan
dan dipengaruhi oleh lingkungan
contoh :sistem keorganisasian,
sistem penawaran
7.
Sistem alamiah
sistem yg terjadi karena alam (tidak
dibuat oleh manusia)
contoh : sistem tata surya
8.
Sistem buatan manusia
sistem yg dibuat oleh manusia
contoh : sistem komputer, sistem
mobil
PEMBENTUKAN SUBSISTEM
·
Pengunsuran(Factoring)
Dalam
perancangan sistem PT. Indofood Sukses Makmur terdiri bari beberapa subsistem
·
Penyederhanaan (Simplikasi)
Setiap sistem atau subsistem memiliki masukan, keluaran, dan
interface dengan subsistem-subsistem lainnya, sehingga akan menyebabkan banyak
interface
yg harus didefinisikan. Oleh karena itu diperlukan suatu
penyederhanaan pada penggambaran interface
·
Pemisahan (Decoupling)
Jika dua subsistem yg berhubungan sangat erat membutuhkan suatu
koordinasi & penjadwalan waktu yg ketat. pemecahannya adalah dgn memisahkan
atau mengendorkan hubungan tersebut sehingga kedua sistem dapat beroperasi
sejenak secara bebas.
PENGENDALIAN
DALAM SISTEM
·
Menggunakan feedback,
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Menggunakan umpan balik dari karyawan maupun
konsumen untuk mengendalikan jalannya perusahaan sesuai dengan tujuan dan untuk
membandingkan keluaran pada suatu sistem dengan target pengeluaran.
Komentar
Posting Komentar