Analisis Jurnal Sistem Informasi
SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA TOUR DAN
TRAVEL BERBASIS WEBSITE ELECTRONIC
COMMERCE
(Studi Kasus Ninetours Indonesia)
Jurnal Ini Bertujuan untuk dapat memberikan kemudahan informasi dan pemesanan yang dapat diakses dengan mudah dengan tujuan perencanaan dalam pengembangan sistem
informasi tour dan travel yang lebih terintegrasi dengan menggunakan media penyimpanan
elektronik. Sehingga penyampaian informasi dapat diperoleh secara cepat, tepat dan akurat.
Pengembangan aplikasi yang dibuat yaitu memanfaatkan pelayanan jasa tour dan travel berbasis web, dengan harapan bahwa dalam melakukan kegiatan pemasaran dan pelayanannya perusahaan ini tidak lagi menggunakan cara konvensional, dimana pelanggan harus datang langsung ke
tempat, selain itu data pemesanan dan data pelanggan hanya dicatat dalam Ms. Excel.
Aplikasi Pendukung dalam Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour dan Travel ini Mentransformasikan kebutuhan sistem menjadi kebutuhan yang sudah lengkap, sistem fokus
pada bagaimana dapat memenuhi funsi-fungsi yang dibutuhkan aplikasi sistem. Aplikasi
tersebut didukung oleh beberapa perangkat lunak, diantaranya:
- HTML
2. PHP
PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk
membuat website dinamis maupun aplikasi website (Rosa, 2014). PHP bisa berinteraksi
dengan database, file dan folder, sehingga membuat PHP bisa menampilkan konten
yang dinamis dari sebuah website.
3. MySql
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL database
management system yang multi-user (Rosa, 2014).
Metodologi Penelitian yang digunakan dalam pemecahan masalah dalam
pengembangan algoritma ini yaitu
Analisis Alur Sistem yang digunakan dalam pemecahan masalah dalam pengembangan algoritma ini yaitu Model SDLC (system development life cycle) waterfall menyediakan pendekatan alur sistem
perangkat lunak secara terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, dan tahap pengujian
sistem yang akan dikembangkan di Ninetours Indonesia.
Permasalahan yang terjadi pada sistem yang berjalan di Ninetours Indonesia yaitu proses
pemesanan, pemasaran, dan penyimpanan data pelanggan yang masih menggunakan sistem
manual. Proses tersebut terasa belum efektif sehingga bisa menimbulkan masalah
diantaranya:
- Kurangnya informasi pemasaran pada pelanggan.
- Pemesanan harus dilakukan di tempat.
- Tidak tersedianya suatu database untuk menyimpan data pelanggan sehingga memungkinkan terjadi kehilangan arsip.
- Proses pencarian data pelanggan membutuhkan waktu yang lama.
Analisis Kebutuhan Sistem untuk membangun sistem website E-commerce yaitu menggunakan CMS (Content
Manajement System), jenis yang digunakan adalah CMS WordPress, menggunakan bahasa
PHP sebagai server, HTML sebagai framework JavaScript. Database server yang digunakan
adalah MySQL sedangkan pembuatannya menggunakan phpmyadmin.
Gambar Rancangan Arsitektur
Desain secara umum mengindentifikasikan komponen-komponen sistem informasi yang akan
didesain secara rinci. Fungsi-fungsi sistem informasi yang didesain adalah model, input,
proses, output, dan kontrol. Desain umum sistem meliputi data flow diagram (DFD) dan
Entity relationship diagram (ERD)
1. Data Flow Diagram (DFD)
a. Diagram konteks
Gambar Diagram Konteks Perancangan Sistem
Penjelasan:
User Ninetours Indonesia dapat melihat tampilan website, info berita, info
type dapat melakukan pemesanan, pencarian, registrasi pemesanan. Admin dapat melakukan login, pencarian, mengelola data perusahaan dan
mengelola data pemesanan.
b. Data Flow Diagram (DFD) Level 0 Website E-Commerce
Rancangan Data Flow Diagram (DFD) level 0
c. Data Flow Diagram (DFD) Level 1 Manajemen Data
Rancangan Data Flow Diagram (DFD) level 1
2. Entity Relationship Diagram (ERD)
Implementasi Interface dari
setiap halaman yang dibuat dan dibedakan berdasarkan kebutuhan user dan admin.
- Pada halaman utama dibagi ke dalam tiga bagian utama. Bagian kanan terdapat menu pencarian, bagian tengah merupakan deskripsi dari perusahaan, bagian bawah menunjukan rekomendasi perjalanan. Ditujukan Pada Gambar 1.
- Dalam sistem ini user berinteraktif dengan cara mengisi form identitas, user wajib mengisi nama, alamat, email, lokasi. Setelan user mengisi form tersebut dan mengirimnya pada admin, maka admin akan segera memberikan informasi pemesanan ini kepada bagian lain perusahaan, dan selanjutnya bagian perusahaan akan menghubungi user yang bersangkutan untuk proses lainnya. Ditujukan Pada Gambar 2.
- rancangan sistem dan rancangan pengujian fasilitas rekomendasi dan buku tamu. fasilitas buku tamu dan rekomendasi perjalanan untuk mengisi buku tamu user wajib mengisi nama, pesan yang akan dituliskan dan mengisi form user mengisi rating perjalanan. Dilihat Pada Gambar 3.
- rancangan sistem dan rancangan pengujian voting yang dapat digunakan untuk usulan user terhadap perbaikan sistem. Ditujukan Pada Gambar 4.
- rancangan sistem dan rancangan pengujian manajemen data Manajemen data berfungsi untuk memperbaharui content yang ada pada website sistem informasi Ninetours Indonesia. Dalam website ini terdapat tiga content antara lain traveller, transportasi, dan antikel. Selain itu terdapat content tambahan seperti manajemen foto, manajemen rekomendasi, manajemen voting, manajemen user dan manajemen admin. Dalam manajemen data, ada tiga hal yang hal yang bisa dilakukan admin diantaranya admin bisa menambah content, mengedit content yang ada dan menghapus content yang ada. Ditujukan Pada Gambar 5.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah:
- Proses bisnis pada Ninetours Indonesia berbasis website e-commerce pada Ninetours Indonesia. Dengan sistem ini masalah yang terdapat pada perusahaan dapat dikurangi seminimal mungkin.
- Sistem Informasi Ninetours Indonesia berbasis website menyediakan fasilitas yang dirancang denga terintegrasi memiliki fitur-fitur diantaranya implementasi sistem rekomendasi, melihat dan memesan, konfirmasi pemesanan melalui website.
- Keluaran Sistem informasi menyediiakan fasilitas yang dirancang secara terintegrasi untuk membatu perusahaan dalam perbaikan proses pemesanan, memperluas pemasaran dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Dalam Pembuatan website perlu ditambahkan fitur-fitur yang dapat mendukung kesempurnaan website tersebut agar informasinya jelas, proses dan interface dibuat se menarik mungkin. belum tersedia video trip apa saja yang sudah di jalankan sehingga user tertarik untuk mengikuti, serta belum terdapat pembayaran online dan juga waktu otomatis pada saat reservasi pengisian data, hal tersebut dapat kembangkan kembali dengan menambahkan fitur video, menambahkan waktu otomatis pada saat melakukan pembayaran agar lebih terintegrasi pada saat melakukan pembayaran maupun pengisian data serta memberikan sistem keamanan agar web tersebut tidak di bobol oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.
Sumber Jurnal : Download
Komentar
Posting Komentar