Plan Bisnis dengan SCM, ERP, CRM



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI



NAMA KELOMPOK :
IMAM AQRO MUZAMAH                         13115299
M ABDAN SYAKURAN                             14115446
RIZQI SYARAFI                                          16115213

4KA04


SISTEM INFORMASI
  
KONSEP SISTEM INFORMSI LANJUT
PTA 2018/2019

Dosen : Ire Puspa Wardhani

Jenis bisnis          : Produk Tekstil ( Pakaian )
Nama bisnis        : ABC Clothing
Ekspektasi           :
Perusahaan ini memproduksi pakaian berupa baju, celana serta jaket. Dimana bahan dasar berupa benang akan dibeli melalui perusahaan lain. Diperkirakan pakaian ini akan dipasarkan pada toko-toko tertentu di daerah jakarta. dengan harga berkisar antara 100.000 - 300.000. Pakaian ini di produksi secara sederhana dimana terdapat kurang lebih 10 pekerja yang dimana dalam sehari dapat dihasilkan 100 pakaian jadi. Dan akan terus meningkat seiring dengan permintaan konsumen.
CRM                      :
Melalui CRM ABC Clothing menggunakan aplikasi berbasis website untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan melalui pengenalan produk, memberikan layanan yang cepat, sekaligus memberikan kemudahan informasi terbaru perusahaan. CRM digunakan untuk membina dan menjaga hubungan baik antara pelanggan dengan pihak manajemen. Masukan atau keluhan langsung dari pelanggan dapat membuat perubahan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kualitas perusahaan. Untuk mendukung CRM, kami memberikan berita terkini terkait produksi kepada pelanggan melalui e-mail. Selain itu kami memiliki beberapa kemudahan untuk pelanggan seperti pendaftaran distributor atau retail secara online, daftar produk, promo, event, dll seperti penjelasan diatas.
ERP                        :
ABC Clothing menggunakan ERP untuk menghubungkan dan mengsinkronisasikan tiap divisi sehingga mengurangi redudansi data, juga untuk menerapkan program untuk menangani masalah payroll, human resource, finance, dan sebagainya. Pada bagian penjualan dikirim ke distributor pakaian untuk selanjutnya dikirim ke toko pakaian dan toko online yang pada akhirnya pakaian tersebut sampai ke konsumen , kemudian memasukkan data tersebut kedalam sistem dan masuk ke dalam database kemudian muncul informasi berupa tampilan laporan penjualan pada bagian keuangan. Dengan adanya ERP, manajemen bisa melakukan analisa terhadap perusahaan untuk mengetahui tren dan perkembangan ABC Clothing sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Contoh penggunaan program ERP yang digunakan adalah Oracle untuk memproses semua data yang  berhubungan dengan sistem yang dimiliki oleh ABC Clothing. ABC Clothing menggunakan Oracle 9.i dan Oracle 10.i sebagai database servernya. ABC Clothing menggunakan software database Oracle untuk kepentingan database servernya. Hal ini lebih dikarenakan Oracle dikenal sebagai software database server skala besar yang mempunyai kemampuan yang baik dalam menangani transaksi data dalam jumlah yang besar dan kemampuan proses data yang cepat. Salah satu dari fungsi pelaporan ERP adalah sistematis dan mudah. Adapun manfaat lain yang bisa diperoleh yaitu:

·         ERP membantu memperlancar proses bisnis dan membuatnya jadi lebih mudah, murah, cepat dan efisien.
·         Meningkatkan etos kerja karyawan, karena proses kerja tersusun sesuai dengan standar operasi perusahaan yang sudah dibakukan.
·         Meningkatkan jumlah penjualan, karena sistem ERP ini membantu dalam keluar masuknya arus barang.
·         Menambah daya saing perusahaan, karena ERP membantu dalam distribusi produk dengan memberikan informasi yang cepat dan akurat bagi konsumen.
·         Mengurangi biaya dari aktifitas yang tidak memiliki nilai tambah

SCM



Untuk membuat pakaian, ABC Clothing membutuhkan bahan baku dari para pemasok. SCM ini terdapat 4 pemasok, yaitu pemasok benang, kain, plastik, pewarna tekstil. Keempat pemasok tersebut mengirimkan pasokannya ke gudang bahan baku yang selanjutnya akan dikirim ke pabrik pembuatan pakaian. Setelah pakaian selesai dibuat maka dikirim ke bagian pengujian pakaian untuk diuji apakah pakaian yang dibuat sudah sesuai dengan standar.
Setelah itu terdapat pemasok plastik untuk pengepakan yang diperlukan untuk membuat kemasan pada pakaian. Pemasok plastik tersebut mengirimkan bahan bakunya ke bagian pengepakan pakaian untuk selanjutnya dibuat sebuah plastik untuk mengepak pakaian yang sudah dibuat.Setelah selesai pengujian dan pengepakan, maka pakaian dikirim ke pabrik pengemasan pakaian untuk dikemas dan diberi label merk dan ukuran. Setelah itu pakaian yang sudah siap dijual disimpan di gudang pakaian.Setelah itu pakaian yang sudah siap jual dikirim ke distributor pakaian untuk selanjutnya dikirim ke toko pakaian dan toko online yang pada akhirnya pakaian tersebut sampai ke konsumen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP