COBIT 5

COBIT 5

M
engenal Cobit 5, Cobit 5 disini membangun dan memperluas yaitu Cobit 4.1 dengan standard dan sumber daya termasuk ISACA ini Val IT, risiko IT dan BMI. Kami juga telah selaras COBIT 5 dengan bimbingan yang segnifikan dan standar , temasuk ISO dan ITIL yang kita bahas nanti. Yaitu termasuk edisi terbaru dari kerangka kerja yang diterima secara global ISCA, yang menyeediakan end-to-end pandangan bisnis tata kelola perusahaan yang IT mencerminkan peran sentral informasi dan teknologi dalam menciptakan nilai bagi perusahaan. Prinsip – prinsip, praktek, alat – alat analisis dan model yang ditemukan dalam COBIT 5 mewujudkan pemikiran kepemimpinan dan bimbingan dari bisnis, IT dan governance ahli di seluruh dunia. Cobit 5 memberikan arahan kepada para eksekutif dan pihak yang bertanggung jawab membuat keputsan mengenai pengangguran teknologi dalam mendukungtujuan organisasi. Cobit 5 membantu para pemimpin bisnis memenuhi kebutuhan semua pemangku kepentingan di perusahaan dan pada akhirnya memaksimalkan nilai dari informasi dan teknologi. Cobit 5 satu-satunya kerangka bidnis untik tata kelola dan memanajemn perusahaan IT. Versi evolusi ini menggabungkan pemikiran terbaru dalam teknik tata perusahaan dan manajemen, dan memberikan prinsip- prinsip yang diterima secara global, praktek, alat-alat analisis dan model untuk membantu meningkatkan kepercayaan, dan nilai dari system informasi.


Disini Ada Beberapa Prinsip dari COBIT 5, yaitu :


·         Meeting stakeholder needs, berguna untuk pendefinisan prioritas untuk implementasi, perbaikan, dan jaminan. Kebutuhan stakeholder diterjemahkan ke dalam Goals Cascade menjadi tujuan yang lebih spesifik, dapat ditindaklajuti dan disesuaikan, dalam konteks : Tujuan perusahaan (Enterprise Goal), Tujuan yang terkait IT (IT-related Goal), Tujuan yang akan dicapai enabler (Enabler Goal). Selain itu sistem tata kelola harus mempertimbangkan seluruh stakeholder ketika membuat keputusan mengenai penilaian manfaat, resource dan risiko.

  • ·         Covering enterprise end-to-end, bermanfaat untuk mengintegrasikan tata kelola TI perusahaan kedalam tata kelola perusahaan. Sistem tata kelola TI yang diusung COBIT 5 dapat menyatu dengan sistem tata kelola perusahaan dengan mulus. Prinsip kedua ini juga meliputi semua fungsi dan proses yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola TI perusahaan dimanapun informasi diproses. Dalam lingkup perusahaan, COBIT 5 menangani semua layanan TI internal maupun eksternal, dan juga proses bisnis internal dan eksternal.


  • ·         Applying a single intergrated framework, sebagai penyelarasan diri dengan standar dan framework relevan lain, sehingga perusahaan memapu menggunakan COBIT 5 sebagai framework tata kelola umum dan integrator. Selain itu prinsip ini menyatukan semua pengetahuan yang sebelumnya tersebar dalam berbagai framework ISACA (COBIT, VAL IT, Risk IT, BMIS, ITAF, dll).
  • ·         Enabling a holistic approach, yakni COBIT 5 memandang bahwa setiap enabler saling memperngaruhi satu sama lain dan menentukan apakah penerapan COBIT 5 akan berhasil.
  • ·         Separating governance from management, COBIT membuat perbedaan yang cukup jelas antara tata kelola dan manajemen. Kedua hal tersebut mencakup brbagai kegiatan yang berbeda, memerlukan struktur organisasi yang berbeda, dan melayani untuk tujuan yang berbeda pula.

      

                                                      
             Perbedaan Governance (Tata kelola) dengan Management (Manajemen)
Ø  Governance adalah tata kelola yang memastikan bahwa tujuan perusahaan dapat dicapai    dengan melakukan evaluasi terhadap kebutuhan, kondisi, dan pilihan stakeholder, menerapkan arah melalui prioritas dan pengambilan keputusan terhadap arah dan tujuan yang telah disepakati. Pada Kebanyakan perusahaan, tata kelola adalah tanggung jawab dari dewan direksi dibawah kepemimpinan ketua.

Ø  Management (Manajemen) berfungsi sebagai perencana, membangun, menjalankan dan memonitor aktifitas-aktifitas yang sejalan dengan arah yang ditetapkan oleh badan tata kelola untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada kebanyakan perusahaan, manajemen menjadi tanggung jawab eksekutif manajemen  dibawah pimpinan CEO.(**)


Cobit 5 merupakan framework yang komprehensif dan digunakan secara global untuk keperluan bisnis yang memungkinkan organisasi memenfaatkan informasi dan teknologi yang dimiliki dengan sebaik mungkin dengan menyediakan frameworkmanagement dan governance untuk IT di tingkat enterprise. COBIT 5 membantu organisasi menciptakan nilai yang optimal dari teknologi informasi dengan menjaga keselarasan antara perolehan manfaat, optimalisasi risiko dan optimalisasi sumberdaya yang dimiliki.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP