ITIL

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library  adalah Information Technology Infrastructure Library yang merupakan sebuah kerangka kerja atau konsep yang menggambarkan praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi (TI)  dan berfokus pada pengembangan dan pengukuran yang terus menerus terhadap kualitas dari layanan IT yang diberikan baik terhadap bisnis atau pelanggan. Fokus dari I.T.I.L sendiri ialah memberikan kontribusi dan keuntungan dalam menjalankan teknik-teknik dan proses-proses pada organisasi.
Tujuan Information Technology Infrastructure Library (I.T.I.L) adalah untuk menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan.


Perkembangan I.T.I.L juga udah mengalami banyak perubahan seiring berjalan nya waktu. Pada awal perkembanganya, I.T.I.L terdiri dari kurang 40 publikasi yg terbagi kedalam modul-modul terpisah, setelah itu untuk simplikasi serta kemudahan implementasi  I.T.I.L  dibagi  dalam 7 domain yg saling berhubungan dan dapat berdiri sendiri. Perkembang fase ini disebut juga dengan I.T.I.L versi 2, domain service support dan service delivery dijadikan  sebagai  CORE atau otak dalam tata kelola teknologi informasi atau IT Service Management.



Keuntungan yang diperoleh dari I.T.I.L adalah bisnis yang lebih kompetitif diantaranya dengan meningkatnya kepuasan dan pelayanan nasabah, meningkatnya availability dan reliability dari pelayanan IT, meningkatnya roles dan responsibilities dari organisasi IT, menghubungkan IT dengan bisnis dan bisnis dengan IT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP