ITIL
ITIL atau Information
Technology Infrastructure Library adalah Information
Technology Infrastructure Library yang merupakan sebuah kerangka kerja atau konsep yang
menggambarkan praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi
(TI) dan berfokus pada pengembangan dan pengukuran yang terus menerus
terhadap kualitas dari layanan IT yang diberikan baik terhadap bisnis atau
pelanggan. Fokus dari I.T.I.L sendiri ialah memberikan kontribusi dan
keuntungan dalam menjalankan teknik-teknik dan proses-proses pada organisasi.
Tujuan Information
Technology Infrastructure Library (I.T.I.L) adalah untuk menyediakan petunjuk
untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup
pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan
kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan.
Perkembangan
I.T.I.L juga udah mengalami banyak perubahan seiring berjalan nya waktu. Pada
awal perkembanganya, I.T.I.L terdiri dari kurang 40 publikasi yg terbagi
kedalam modul-modul terpisah, setelah itu untuk simplikasi serta kemudahan
implementasi I.T.I.L dibagi dalam 7 domain yg saling
berhubungan dan dapat berdiri sendiri. Perkembang fase ini disebut juga dengan
I.T.I.L versi 2, domain service support dan service delivery dijadikan
sebagai CORE atau otak dalam tata kelola teknologi informasi atau
IT Service Management.
Keuntungan yang
diperoleh dari I.T.I.L adalah bisnis yang lebih kompetitif diantaranya dengan
meningkatnya kepuasan dan pelayanan nasabah, meningkatnya availability dan
reliability dari pelayanan IT, meningkatnya roles dan responsibilities dari
organisasi IT, menghubungkan IT dengan bisnis dan bisnis dengan IT.
Komentar
Posting Komentar