Tugas 4 (kelompok) flowchart perancangan sistem pelayanan lab fisika & kimia sman 70



Perancangan Sistem Pelayanan Laboratorium Fisika & Kimia SMAN 70
Imam A, Irwan H, Muhammad Sesio, Rillo B, Septian
Jurusan Sistem Informasi, FIKTI
Universitas Gunadarma

Pendahuluan
Sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang pelayanan Laboratorium Fisika & Kimia SMAN 70 Jakarta, di bagian ini kami akan merancang bentuk dari pengembangan sistem pelayanan Laboratorium Fisika & Kimia SMAN 70 Jakarta. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengembangkan sistem yang sudah ada agar menjadi lebih baik dan meminimalisir kekurangannya, pada bagian pembahasan akan dijabarkan model beserta rancangan dari program sistem pelayanan yang ingin kami kembangkan.

Pembahasan

Disini kami akan mengembangkan sistem layanan laboratorium SMAN 70 Jakarta, yang sebelumnya masih konvensional (dari guru, langsung memesan kepada pengurus laboratorium) dimana tentu sistem seperti itu masih terdapat sejumlah kekurangan seperti ; Bentrok Jadwal, Kerusakan/Kehilangan Perlengkapan Lab, Hilangnya berkas-berkas Lab, DLL.
Pada pengembangan saat ini yang kami lakukan bertujuan untuk meminimalisir kekurangan yang terdapat di sistem sebelumnya, berikut  ini merupakan model pengembangan sistem pelayanan Laboratorium :
 
 

Di dalam sistem ini, guru akan memiliki 3 atribut yang diperlukan untuk melakukan reservasi penggunaan Laboratorium ; NIK (sebagai primary key), Nama & Mata Pelajaran (Sebagai atribut pendukung).
Dan di dalam Laboratorium sendiri kami juga memberikan 3 atribut, yaitu ; Jadwal Pelajaran (sebagai primary key, yang akan terhubung dengan NIK dan nantinya akan diproses pada program Reservasi), Kelas & Peralatan (sebagai primary key, yang akan terhubung dengan NIK dan nantinya akan diproses pada program Reservasi).

Selanjutnya sistem yang telah dijabarkan tadi, akan kami jelaskan bagaimana proses dari program Reservasi Laboratorium. Yang gunanya sebagai perantara layanan Laboratorium, dan disitu kita dapat memesan atau mengecek ketersediaan Jadwal Laboratorium yang mana hal-hal itu akan kami jelaskan di flowchart berikut ini :


Berikut langkahnya :
1.   Sang Pengajar akan memasukkan data personal (seperti ; NIK, Kelas, Nama, Mata Pelajaran), sebagai penyimpanan data nantinya.
2.   Lalu pengajar akan diarahkan ke halaman yang berisi ketersediaan jadwal, yang dapat digunakan
3.   Jika jadwal tak tersedia maka akan diarahkan ke jadwal berikutnya, namun jika jadwal tersedia maka akan diteruskan ke form pendaftaran jadwal Lab
4.   Setelah berhasil terdaftar, maka sistem akan mengUpdate data / Jadwal Lab yang baru saja masuk.
5.   Lalu, pengajar akan dapat memilih lagi apakah ingin mereservasi untuk kelas lain atau dapat langsung keluar dari program.
penutup

Itulah tadi yang kami coba kembangkan untuk sistem pelayanan Laboratorium SMAN 70 Jakarta saat ini, kami berharap kiranya rancangan pengembangan dari sistem yang sudah ada dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pengguna dan juga pengembang lainnya.  
Sekian dari kami, kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam perancangan diatas, mohon maaf bilamana masih ada kekurangan dari pengembangan kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP