Tugas 4 (kelompok) flowchart perancangan sistem pelayanan lab fisika & kimia sman 70
Perancangan Sistem Pelayanan
Laboratorium Fisika & Kimia SMAN 70
Imam A, Irwan
H, Muhammad Sesio, Rillo B, Septian
Jurusan
Sistem Informasi, FIKTI
Universitas
Gunadarma
Pendahuluan
Sebelumnya
kami sudah menjelaskan tentang pelayanan Laboratorium Fisika & Kimia SMAN
70 Jakarta, di bagian ini kami akan merancang bentuk dari pengembangan sistem
pelayanan Laboratorium Fisika & Kimia SMAN 70 Jakarta. Tujuan dari
perancangan ini adalah untuk mengembangkan sistem yang sudah ada agar menjadi
lebih baik dan meminimalisir kekurangannya, pada bagian pembahasan akan
dijabarkan model beserta rancangan dari program sistem pelayanan yang ingin
kami kembangkan.
Pembahasan
Disini
kami akan mengembangkan sistem layanan laboratorium SMAN 70 Jakarta, yang
sebelumnya masih konvensional (dari guru, langsung memesan kepada pengurus
laboratorium) dimana tentu sistem seperti itu masih terdapat sejumlah
kekurangan seperti ; Bentrok Jadwal, Kerusakan/Kehilangan Perlengkapan Lab,
Hilangnya berkas-berkas Lab, DLL.
Pada
pengembangan saat ini yang kami lakukan bertujuan untuk meminimalisir
kekurangan yang terdapat di sistem sebelumnya, berikut ini merupakan model pengembangan sistem
pelayanan Laboratorium :
Di dalam sistem ini,
guru akan memiliki 3 atribut yang diperlukan untuk melakukan reservasi
penggunaan Laboratorium ; NIK (sebagai primary key), Nama & Mata Pelajaran
(Sebagai atribut pendukung).
Dan
di dalam Laboratorium sendiri kami juga memberikan 3 atribut, yaitu ; Jadwal
Pelajaran (sebagai primary key, yang akan terhubung dengan NIK dan nantinya
akan diproses pada program Reservasi), Kelas & Peralatan (sebagai primary
key, yang akan terhubung dengan NIK dan nantinya akan diproses pada program
Reservasi).
Selanjutnya
sistem yang telah dijabarkan tadi, akan kami jelaskan bagaimana proses dari
program Reservasi Laboratorium. Yang gunanya sebagai perantara layanan
Laboratorium, dan disitu kita dapat memesan atau mengecek ketersediaan Jadwal
Laboratorium yang mana hal-hal itu akan kami jelaskan di flowchart berikut ini
:
Berikut langkahnya :
1.
Sang
Pengajar akan memasukkan data personal (seperti ; NIK, Kelas, Nama, Mata
Pelajaran), sebagai penyimpanan data nantinya.
2.
Lalu
pengajar akan diarahkan ke halaman yang berisi ketersediaan jadwal, yang dapat
digunakan
3.
Jika
jadwal tak tersedia maka akan diarahkan ke jadwal berikutnya, namun jika jadwal
tersedia maka akan diteruskan ke form pendaftaran jadwal Lab
4.
Setelah
berhasil terdaftar, maka sistem akan mengUpdate data / Jadwal Lab yang baru
saja masuk.
5.
Lalu,
pengajar akan dapat memilih lagi apakah ingin mereservasi untuk kelas lain atau
dapat langsung keluar dari program.
penutup
Itulah
tadi yang kami coba kembangkan untuk sistem pelayanan Laboratorium SMAN 70
Jakarta saat ini, kami berharap kiranya rancangan pengembangan dari sistem yang
sudah ada dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pengguna dan juga
pengembang lainnya.
Sekian
dari kami, kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam perancangan diatas,
mohon maaf bilamana masih ada kekurangan dari pengembangan kami.
Komentar
Posting Komentar