LAT UTS Algoritma & Pemrog C
1.
Terurut/terstruktur
. Pemrograman Terstruktur (Structured
Programming)
·
Bahasa pemrograman terstruktur adalah bahasa
pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur.
Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam
program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap
pemanggilan.
· Prosedur
adalah bagian dari program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah
ditentukan dengan menggunakan parameter tertentu.
· Bahasa
pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data,
pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur.
· Kontrol
program terstruktur (Tiga tipe Bahasa pemrograman terstruktur):
1.Terurut
(sequence)
Setiap
baris program akan dikerjakan secara urut dari atas ke bawah (setiap baris
dikerjakan sekali atau tidak baris baris program yang tidak dikerjakan)
2.
FIFO, LIFO
& FCFS
FIFO adalah akronim untuk First In, First Out, sebuah
abstraksi dengan cara-cara mengorganisasi dan manipulasi data relatif terhadap
waktu dan prioritas. Ungkapan ini menggambarkan prinsip pemrosesan antrian
teknik atau tuntutan yang bertentangan melayani proses pemesanan dengan
pertama-tama-datang, pertama-dilayani (FCFS) perilaku: apa yang datang pertama
adalah pertama ditangani, apa yang muncul di samping pertama menunggu sampai
selesai, dll . Jadi itu adalah analog dengan perilaku orang queueing (atau
"berdiri di baris", dalam istilah Amerika umum), di mana orang-orang
meninggalkan antrian dalam urutan mereka tiba, atau menunggu giliran satu di
sebuah sinyal kontrol lalu lintas. FCFS juga merupakan nama singkatan (lihat
Jargon dan singkatan) untuk sistem operasi FIFO algoritma penjadwalan, yang
memberikan setiap proses waktu CPU dalam urutan mereka datang. Dalam arti luas,
yang abstraksi LIFO, atau Last-In-First-Out adalah kebalikan dari FIFO
abstraksi organisasi, perbedaan mungkin adalah jelas dengan mempertimbangkan
kurang umum digunakan sinonim dari LIFO, Filo-makna First-In-Terakhir - luar.
Pada intinya, keduanya adalah kasus khusus dari daftar yang lebih umum (yang
dapat diakses di mana saja). Perbedaan ini tidak ada dalam daftar (data),
tetapi dalam aturan untuk mengakses konten.
3.
Algoritma
greedy
Algoritma greedy merupakan metode yang paling populer untuk
memecahkan persoalan optimasi. Prinsip greedy: “take what you can get
now!”. Algoritma greedy membentuk solusi langkah per langkah (step by
step). Pada setiap langkah, terdapat banyak pilihan yang perlu dieksplorasi.
Oleh karena itu, pada setiap langkah harus dibuat keputusan yang terbaik dalam
menentukan pilihan. Pada setiap langkah, kita membuat pilihan optimum lokal
(local optimum) dengan harapan bahwa langkah sisanya mengarah ke solusi
optimum global (global optimum). Dengan kata lain algoritma greedy melibatkan
pencarian sebuah himpunan bagian, S, dari himpunan kandidat, C; yang dalam hal
ini, S harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan, yaitu menyatakan suatu
solusi dan S dioptimisasi oleh fungsi obyektif.
4.
Divide and
conquer
Algoritma Divide and Conquermerupakan algoritma yang sangat popular
di dunia Ilmu Komputer.
Divide and Conquer merupakan algoritma yang berprinsip
memecah-mecah permasalahan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga
lebih mudah untuk diselesaikan.
Langkah-langkah umum algoritma Divide and Conquer:
Divide
: Membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki
kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil
( idealnya
berukuran hampir sama ).
Conquer
: Memecahkan ( menyelesaikan ) masing-masing upa-masalah (
secara
rekursif ).
5.
Array 1
& 2
6.
Valid and
invalid
Suatu argumen dikatakan valid apabila untuk sembarang pernyataan yang
disubsitusikan kedalam hipotesa, jika semua hipotesa tersebut benar, maka
kesimpulan juga benar. Sebaliknya meskipun semua hipotesa benar tetapi ada
kesimpulan yang salah, maka argumen tersebut dikatakan invalid.
7.
Oop
·
Object :
Elemen yang memiliki fungsi, metode, karakteristik tertentu yang dapat
dibedakan dalam dunia nyata.
·
Class :
Kumpulan Object-object yang memiliki kesamaan karakateristik.
Fitur OOP:
Encapsulation
Inheritance
Polymorph
8.
variable local
Suatu variabel lokal hanya dapat dilihat dan dimodifikasi
oleh fungsi dimana variabel lokal tersebut didefinisikan sehingga scope dari
variabel lokal tersebut teriindungi Variabel lokal tidak dapat diubah atau
bahkan dihapus oleh fungsi-fangsi yang lain lewat teknik pemrograman biasa.
Variabel lokal didefinisikan sesudah tanda kurung { dari suatu blok yang
umumnya adalah merupakan puncak dari fungsi. Variabel lokal hanya tampak
didalam blok tersebut. Berikut adalah contoh program yang memakai
variabel-variabel lokal dan global. Variabel j dan p adalah lokal sedang
variabel i dan z adalah global.
9. variable external
·
Adalah suatu variabel yg didefinisikan di luar fungsi, yg dikenal
sebagai variabel global.
·
Catatan:
o Usahakan
menggunakan seminim mungkin suatu variabel global.
o Variabel ini mudah sekali berubah oleh pernyataan penugasaan yang letaknya
bisa
dimana saja. Ini bisa menimbulkan efek samping yang sulit untuk melacaknya,
terutama
untuk program yang besar.
o Variabel global
mempunyai durasi selama program dieksekusi atau, memori yg digunakan untuk
variabel ini dipertahankan selama program dieksekusi.
10. enqueue and dequeue
Definisi
Queue Jika diartikan secara harafiah, queue berarti antrian, queue merupakan
salah satu contoh aplikasi dari pembuatan double linked list yang cukup sering
kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat Anda mengantri di loket
untuk membeli tiket.
EnQueue
Fungsi EnQueue berguna
untuk memasukkan sebuah elemen dalam queue.
DeQueue
Fungsi DeQueue berguna
untuk mengambil sebuah elemen dari queue. Operasi ini sering disebut juga serve. Hal
ini dilakukan dengan cara memindahkan sejauh satu langkah ke posisi di depannya
sehingga otomatis elemen yang paling depan akan tertimpa dengan elemen yang terletak di
belakangnya.
11. visual
Bahasa
Visual
Penggunaan
ekspresi visual (seperti grafik, gambar, atau ikon) yang sistematik dan
mempunyai arti
Bahasa visual
adalah himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti semantik dan
digunakan untuk menyelesaikan masalah komunikasi di dunia.
Pemrograman
Visual :
Penggunaan
ekspresi visual (seperti grafik, gambar, atau ikon) dalam proses pemrograman
Komentar
Posting Komentar