LAT UTS Algoritma & Pemrog C

   1.  Terurut/terstruktur
. Pemrograman Terstruktur (Structured Programming)
·   Bahasa pemrograman terstruktur adalah bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur. Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan.

· Prosedur adalah bagian dari program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan parameter tertentu.

· Bahasa pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur.

·   Kontrol program terstruktur (Tiga tipe Bahasa pemrograman terstruktur):

1.Terurut (sequence)
Setiap baris program akan dikerjakan secara urut dari atas ke bawah (setiap baris dikerjakan sekali atau tidak baris baris program yang tidak dikerjakan)

 2.   FIFO, LIFO & FCFS

FIFO adalah akronim untuk First In, First Out, sebuah abstraksi dengan cara-cara mengorganisasi dan manipulasi data relatif terhadap waktu dan prioritas. Ungkapan ini menggambarkan prinsip pemrosesan antrian teknik atau tuntutan yang bertentangan melayani proses pemesanan dengan pertama-tama-datang, pertama-dilayani (FCFS) perilaku: apa yang datang pertama adalah pertama ditangani, apa yang muncul di samping pertama menunggu sampai selesai, dll . Jadi itu adalah analog dengan perilaku orang queueing (atau "berdiri di baris", dalam istilah Amerika umum), di mana orang-orang meninggalkan antrian dalam urutan mereka tiba, atau menunggu giliran satu di sebuah sinyal kontrol lalu lintas. FCFS juga merupakan nama singkatan (lihat Jargon dan singkatan) untuk sistem operasi FIFO algoritma penjadwalan, yang memberikan setiap proses waktu CPU dalam urutan mereka datang. Dalam arti luas, yang abstraksi LIFO, atau Last-In-First-Out adalah kebalikan dari FIFO abstraksi organisasi, perbedaan mungkin adalah jelas dengan mempertimbangkan kurang umum digunakan sinonim dari LIFO, Filo-makna First-In-Terakhir - luar. Pada intinya, keduanya adalah kasus khusus dari daftar yang lebih umum (yang dapat diakses di mana saja). Perbedaan ini tidak ada dalam daftar (data), tetapi dalam aturan untuk mengakses konten.

3.   Algoritma greedy

Algoritma greedy merupakan metode yang paling populer untuk memecahkan persoalan optimasi. Prinsip greedy: “take what you can get now!”. Algoritma greedy membentuk solusi langkah per langkah (step by step). Pada setiap langkah, terdapat banyak pilihan yang perlu dieksplorasi. Oleh karena itu, pada setiap langkah harus dibuat keputusan yang terbaik dalam menentukan pilihan. Pada setiap langkah, kita membuat pilihan optimum lokal (local optimum) dengan harapan bahwa langkah sisanya  mengarah ke solusi optimum global (global optimum). Dengan kata lain algoritma greedy melibatkan pencarian sebuah himpunan bagian, S, dari himpunan kandidat, C; yang dalam hal ini, S harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan, yaitu menyatakan suatu solusi dan S dioptimisasi oleh fungsi obyektif.

4.   Divide and conquer

Algoritma Divide and Conquermerupakan algoritma yang sangat popular di dunia Ilmu Komputer.

Divide and Conquer merupakan algoritma yang berprinsip memecah-mecah permasalahan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga lebih mudah untuk diselesaikan.

Langkah-langkah umum algoritma  Divide and Conquer:

Divide
: Membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki
kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil ( idealnya
berukuran hampir sama ).

Conquer
: Memecahkan ( menyelesaikan ) masing-masing upa-masalah ( secara
rekursif ).

5.   Array 1 & 2

6.   Valid and invalid

Suatu argumen dikatakan valid apabila untuk sembarang pernyataan yang disubsitusikan kedalam hipotesa, jika semua hipotesa tersebut benar, maka kesimpulan juga benar. Sebaliknya meskipun semua hipotesa benar tetapi ada kesimpulan yang salah, maka argumen tersebut dikatakan invalid.


7.   Oop

·         Object : Elemen yang memiliki fungsi, metode, karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dalam dunia nyata.
·         Class : Kumpulan Object-object yang memiliki kesamaan karakateristik.
Fitur OOP:

Encapsulation
Inheritance
Polymorph

8. variable local

Suatu variabel lokal hanya dapat dilihat dan dimodifikasi oleh fungsi dimana variabel lokal tersebut didefinisikan sehingga scope dari variabel lokal tersebut teriindungi Variabel lokal tidak dapat diubah atau bahkan dihapus oleh fungsi-fangsi yang lain lewat teknik pemrograman biasa. Variabel lokal didefinisikan sesudah tanda kurung { dari suatu blok yang umumnya adalah merupakan puncak dari fungsi. Variabel lokal hanya tampak didalam blok tersebut. Berikut adalah contoh program yang memakai variabel-variabel lokal dan global. Variabel j dan p adalah lokal sedang variabel i dan z adalah global.

9. variable external

·         Adalah suatu variabel yg didefinisikan di luar fungsi, yg dikenal sebagai variabel global.
·         Catatan:

   o      Usahakan menggunakan seminim mungkin suatu variabel global.
       o      Variabel ini mudah sekali berubah oleh pernyataan penugasaan yang letaknya bisa              
            dimana saja. Ini bisa menimbulkan efek samping yang sulit untuk melacaknya, terutama     
            untuk program yang besar.
      o      Variabel global mempunyai durasi selama program dieksekusi atau, memori yg digunakan        untuk variabel ini dipertahankan selama program dieksekusi.
     
   10. enqueue and dequeue

    Definisi Queue Jika diartikan secara harafiah, queue berarti antrian, queue merupakan salah satu contoh aplikasi dari pembuatan double linked list yang cukup sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat Anda mengantri di loket untuk membeli tiket.
   
     EnQueue
     Fungsi EnQueue berguna untuk memasukkan sebuah elemen dalam queue.
     
     DeQueue
     Fungsi DeQueue berguna untuk mengambil sebuah elemen dari queue. Operasi ini sering disebut juga serve. Hal ini dilakukan dengan cara memindahkan sejauh satu langkah ke posisi di depannya sehingga otomatis elemen yang paling depan akan tertimpa dengan elemen yang terletak di belakangnya.
   
   11. visual

Bahasa Visual

       Penggunaan ekspresi visual (seperti grafik, gambar, atau ikon) yang sistematik dan mempunyai arti
       Bahasa visual adalah himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti semantik dan digunakan untuk menyelesaikan masalah komunikasi di dunia.

Pemrograman Visual :

Penggunaan ekspresi visual (seperti grafik, gambar, atau ikon) dalam proses pemrograman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP

Soal UU Testing Implementasi Sistem