Metode Penelitian

DAFTAR ISI

                                                                                                                               Halaman
DAFTAR ISI.....................................................................................................................1
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................2
1.1       Latar Belakang Masalah........................................................................................2
1.2       Rumusan Masalah..................................................................................................5
1.3       Pertanyaan Masalah...............................................................................................5
1.4       Latar Belakang Teoritis.........................................................................................6
1.5       Hipotesis...............................................................................................................8
1.6       Time Table............................................................................................................9
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................................................10

BAB I
                                                      PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.    
          A. Masalah
Saya ingin Piknik.
Saya membutuhkan suatu Barang untuk melengkapi keperluan Piknik.
Saya tidak mempunyai waktu untuk pergi ke suatu tempat(toko) membeli barang yang saya butuhkan.
Barang yang saya inginkan tidak mudah ditemukan dan tidak sesuai harapan.
            B. Metode Penelitian
Outdoor shop atau toko penyedia kegiatan luar ruangan  merupakan salah satu penyedia alat kebutuhan barang dan alat yang biasa di butuhkan untuk kegiatan luar ruangan (outdoor)  atau hanya sekedar berpergian yang bisa juga dikatakan travelling atau backpacker. Jenuhnya pekerjaan atau kegiatan rutinitas yang biasa setiap hari kita lakukan tentunya dijadikan plampiasan di sela sela waktu senggang untuk refreshing atau berlibur yang satu diantaranya hobi sekaligus penikmat alam. Kegiatan semacam itu (outdoor) sudah menjadi tren atau sedang naik daunnya setiap tahunnya bertambah banyak yang melakukannya mulai dari pelajar, mahasiswa hingga orang tua. Beberapa kegiatan tersebut, seperti hiking, climbing, diveing, snorkeling, rafting sudah menjadi hobi special untuk menghilangkan kejenuhan di dunia kerja atau pun kejenuhan para pelajar untuk mengisi liburannya. Disamping kita melakukan kegiatan tersebut tak mungkin kita tidak membutuhkan perlengkapan kebutuhan atau alat apa pun untuk melakukan kegiatan tersebut. Kita harus melengkapi persiapan kita sebelum melakukan kegiatan semacam outdoor khususnya kebutuhan alat atau barang-barang lainnya yang kita butuhkan, agar kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala atau kejadian hal-hal yang tidak kita inginkan. Ketika kita membutuhkan sesuatu perlengkapan untuk kegiatan, kita harus memenuhinya dengan upaya mencegah hal hal yang tidak kita inginkan.

Unuk itu apabila kita tidak mempunyai perlengkapan yang kita butuhkan biasanya kita meminjam kepada teman, saudara dll apabila kita tidak bisa untuk membeli pada saat itu. Meminjam adalah salah satu kegiatan yang merepotkan karenanya selain meminta pertolongan kepada orang lain barang yang dipinjam belum tentu sesuai sama kita, baik itu ukuran kenyamanan dan sebagainya. Itu adalah apabila kita meminjam   perlengkapan dari orang lain. Apabila kita tidak ingin meminjam, tentunya kita harus membeli yaitu dengan  mendatangkan toko outdoor  yang menjual  barang keperluan atau alat yang dibutuhkan tersebut.

Terkadang kita harus membutuhkan banyak  waktu luang untuk berpergian ke suatu toko hanya untuk membeli sebuah barang  yang kita butuhkan.Tanpa habis pikir waktu kita untuk berpergian semacam itu tidak ideal atau memakan banyak waktu, ya karenanya membeli barang untuk mendatangi suatu toko membutuhkan waktu luang  yang tersedia, membutuhkan biaya, dan juga membutuhkan tenaga. Belum lagi ketika kita ingin mendatangkan suatu tempat toko, kita belum mengetahui apakah disekitar area tempat tinggal kita ada toko(outdoor) yang menjual perlengkapan yang kita butuhkan atau tidak. Masalah yang lainnya apabila kita sudah mengetahui            toko outdoor yang sudah kita ketahui ,dan kita kunjungi toko tersebut, barang yang kita cari dan barang yang kita pilih yaitu tidak tersedia atau kosong  di toko tersebut yang sudah jauh membutuhkan biaya,  waktu dan tenaga yang kita korbankan tetapi hasilnya 0 besar ( alias tidak menghasilkan apa apa). Belum masalah lain ketika ingin pergi akan tetapi kita tidak mempunyai waktu, ya pasti karena waktu kita telah di habiskan di dunia ruang lingkup kerja atau kesibukan rutinitas lain yang kita kerjakan. Bukan hal biasa peristiwa semacam itu terjadi, karenanya ketika kita sudah lelah dengan kegiatan aktifitas kita, belum lagi kepadatan jam yang biasa sehari hari kita lakukan dari pagi hari hingga sore bahkan malam hari, tentu ini menjadi masalah kita tidak mempunyai kesempatan keluar rumah apa lagi ditambahnya libur yang hanya sekali setiap minggunya. Tentunya ketika kita mendapat jarak waktu kosong kita lebih memilih untuk beristirahat di rumah atau melakukan kegiatan lain yang kita ingin kerjakan atau lakukan. Menanggapi masalah tersebut merupakan fakta yang terjadi di sekitar, atau bahkan yang kita alami sendiri. Disamping Masalah tersebut masalah yang lainnya adalah keterbatasan barang  yang kita ingin beli, maksudnya disini keterbatasan stok barang yang diproduksi di toko yang kita datangi, maupun di toko lain beda daerah dan kota lainnya. Pada satu tahun belakangan saya ingin membeli jaket salah satu produk dalam negri. 

Saya mencari di sekitar toko tempat tinggal yang menjual khusus outdoor tidak tersedia atau barang telah habis, selanjutnya  mencari di toko pasar lainnya yang menjual perlengkapan outdoor dan  tidak ada satupun produk cocok dengan saya. Salah satu ketika  toko tersebut  jauh dari tempat tinggal saya. Namun hal tersebut untuk mendatangi pabrik tersebut yang  berada di salah satu toko di Jakarta timur tidak ada kesempatan untuk pergi karena keterbatasan waktu.

Masalah lainnya adalah penawaran harga ketika kita berhasil mendapatkan barang yang kita inginkan. Di toko yang kita kunjungi,  para pedagang/penjaga toko mungkin memberikan harga yang sangat tinggi. Masalahnya ketika kita mengunjungi toko satu ke toko lainnya dengan membeli atau menanyakan barang yang sama pasti penawaran harganya berbeda. Hal tersebut merupakan masalah kecil yang kita hadapi ketika mengunjungi  toko tempat kita membeli barang. Kita harus mengetahui harga tersebut atau mencari informasi terlebih dahulu agar kita tidak tertipu oleh si penjual. Belum lagi barang yang kita pilih sesuai dengan apa yang kita inginkan, maksudnya sesuai atau tidak bahan yang kita pilih, kecocokan warna ataupun ukuran merupakan masalah yang sangat penting karena itu merupakan sesuatu dari kenyamanan bagi para si pemakai. Mengenai Ukuran disini bermacam macam ada ukuran lokal dan ada ukuran international, maka harus sesuai dengan kebutuhan kita agar lebih cocok dan nyaman untuk kita pakai nantinya. Barang original juga perlu kita ketahui karena  tak menutup kemungkinan para penjual bisa saja menjual barang tersebut meyerupai barang original(KW). Masalah seperti itu lah yang terjadi kalau kita ingin membeli barang perlengkapan outdoor atau  bahkan barang  apapun.

1.2  Rumusan Masalah.
Membeli barang dengan mengunjungi suatu toko sangat tidak efektif karena selain menghabiskan banyak waktu, juga menghabiskan tenaga dan ongkos.  Untuk itu memilih pemasaran  dengan Online shop lebih baik selain menguntungkan waktu tenaga dan juga lebih efektif. Karena dengan  mengenalkan online shop sebagai salah satu teknik untuk mempermudah jual beli, dengan berkembangnya teknologi & komunikasi era modern sekarang ini internet bisa mempermudah jual beli dengan membangun website ataupun akun social lainnya.

1.3  Pertanyaan Masalah Masalah.
1.      Model penjualan seperti apakah yang dapat digunakan untuk mempermudah pemasaran dan jual beli.
2.      Bagaimana membuat  penjualan dan pembelian  yang visible sehingga dapat mempermudah proses jual beli.

1.4  Latar Belakang Teoritis
Teknologi informasi saat ini semakin berkembang dan meningkat dengan adanya internet. Dengan adanya internet sumber informasi mudah didapat. Hampir semua orang sudah melakukan aktifitas maupun pekerjaan yang dibantu dengan adanya internet. Penggunaanya pun cukup mudah sehingga kita tidak perlu lagi pergi ke sana sini untuk mencari internet, karena di era saat ini handphone yang kita gunakan sudah bisa melakukan aktifitas internet. Di era perinternetan saat ini maka dibutuhkan sebuah website dalam menunjang bisnis dunia maya ini. Kita tahu bahwa dengan adanya internet maka semuanya terasa tidak terbatas antara ruang dan waktu. Semua dimensi terlampaui oleh media yang namanya website dan internet.  internet telah berkembang pesat pada beberapa tahun belakangan ini, semakin bertambahnya jumlah manusia, semakin meningkatnya kreatifitas dan pola pikir kemajuan teknologi (IPTEK) dan sulitnya mencari informasi untuk keperluan pengetahuan, maka demikian, kita bisa terbantu dengan adanya aplikasi web dan browser internet . Internet berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, tetapi juga mampu mengolah informasi. Internet merupakan media yang bisa diandalkan untuk penyebaran informasi dari semua aktifitas disegala bidang. Melalui internet pula aktifitas e-commerce berkembang. Bahkan jual beli pun lebih banyak dilakukan secara online melalui media internet. Bayangkan saja kita hanya tinggal duduk di depan komputer hanya tinggak klik klik saja dan semuanya serba terkoneksi internet. Perkembangan internet di indonesia sendiri  saat ini sangat membantu dalam perkembangan setiap dimensi kehidupan di dunia. Sudah selayaknya sekarang kita optimalkan potensi internet untuk kegiatan yang positif.
Outdoor shop merupakan toko penyedia alat kebutuhan kegiatan luar ruangan yang biasa di butuhkan untuk kegiatan luar ruangan (outdoor) . Tidak hanya itu, sekedar berpergian yang bisa juga dikatakan travelling atau backpacker  saat ini banyak mencari berbagai kebutuhan barang yang diperlukan. Salah satunya adalah website penjualan outdoor shop,  yang memang sekilas untuk dilihat oleh kebanyakan orang  sedikit peminatnya untuk membeli barang dan produk tersebut, karena selain toko dengan jumlah yang banyak dan harga barang di dalamnya tersebut cukup mahal,  pembelian per harinya pun tidak seramai penjual makanan. Mengapa demikian, karena barang tersebut hanya dipakai untuk kegiatan yang jarang dilakukan.
 Sejak kehadiran internet dan boomingnya berbagai aktifitas social media, banyak pihak membuat website untuk kepentingan bisnis atau usaha yang  telah berusaha berlomba - lomba untuk membuat toko tersebut berbasis e-commerce, karena  membuat website merubah semua kegiatan marketing dan juga memangkas biasa-biaya operasional. maka tak dipungkiri sudah selayaknya membangun penjualan berbasis elektronik  yang perkembangan saat ini pesat karena teerbantu dengan adanya internet.
 Para pelanggan dapat mengunjungi toko yang berbasis online(online store) dengan mudah dan nyaman. Mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi atau sambil aktifitas lain yang nyaman di depan computer.
Bisnis berbasis internet juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet. Baik itu di handphone, computer atau sebagainya yang tersambung jaringan internet. Bila saat ini banyak orang memiliki sesuatu yang dapat dibisniskan dalam kehidupansehari-hari, maka kemungkinan besar  dapat juga membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya kita memiliki toko tesebut di suatu tempat, dan selama ini toko tersebut hanya berada di pinggir jalan dan tidak diketahui secara luas toko tersebut oleh banyak orang, maka kemungkinan besar kita dapat mengembangkan usaha tersebut dengan membuka toko  di dunia maya. Pada dasarnya konsumen dapat membeli barangapa saja dari toko berbasis online tersebut. Berbagai produk telah  tersedia, ya tentunya sama seperti punjalan barang di toko pada umumnya dan bahkan bisa mengembangkan kegiatan lain yang tidak mengacu pada penjualan itu saja.

1.5 Hipotesis
Ada jawaban sementara terhadap rumusan masalah. Karena sifatnya masih sementara karena belum adanya penelitian, maka perlu dibuktikan kebenarannya melalui data empiric yang terkumpul. Sugiyono ( 2010:305).
Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap permasalahan yang diteliti sampai terbukti melalui data yang terkumpul. Berdasarkan kerangka teori dan kerangka berfikir diatas, maka dapat disimpulkan bahwa :
-           Diduga efektif jual beli secara Online terhadap pemasaran produk di internet, website dan social media lainnya.
-           Diduga tidak  efektif  jual beli Online terhadap pemasaran produk di internet, website dan social media lainnya.

1.6 Time Table
Penulisan dilaksanakan pada semester (5) ganjil tahun ajaran 2017 yaitu antara bulan Oktober sampai dengan Desember 2017 dengan alokasi sebagai berikut :
Jadwal Penulisan
Bulan Pelaksanaan 2017

September
Oktober
November
Desember
 Minggu ke -
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Pertemuan kelas
















Menentukan Judul
&Topik Penelitian
















Menulis Pendahuluan BAB 1 Latar Belakang Masalah
















Menulis Rumusan Masalah
















Menulis Pertanyaan  Masalah
















Membuat Latar BelakangTeoritis
















Menulis Hipotesis
















Menyusun Time Table
















Membuat Daftar Pustaka

















DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP