Metode Penelitian
DAFTAR
ISI
Halaman
DAFTAR
ISI.....................................................................................................................1
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................2
1.1 Latar
Belakang
Masalah........................................................................................2
1.2 Rumusan
Masalah..................................................................................................5
1.3 Pertanyaan
Masalah...............................................................................................5
1.4 Latar
Belakang Teoritis.........................................................................................6
1.5 Hipotesis...............................................................................................................8
1.6 Time
Table............................................................................................................9
DAFTAR
PUSTAKA.....................................................................................................10
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah.
A. Masalah
Saya ingin
Piknik.
Saya membutuhkan
suatu Barang untuk melengkapi keperluan Piknik.
Saya tidak
mempunyai waktu untuk pergi ke suatu tempat(toko) membeli barang yang saya butuhkan.
Barang yang saya
inginkan tidak mudah ditemukan dan tidak sesuai harapan.
B. Metode Penelitian
Outdoor shop atau toko
penyedia kegiatan luar ruangan merupakan
salah satu penyedia alat kebutuhan barang dan alat yang biasa di butuhkan untuk
kegiatan luar ruangan (outdoor) atau
hanya sekedar berpergian yang bisa juga dikatakan travelling atau backpacker.
Jenuhnya pekerjaan atau kegiatan rutinitas yang biasa setiap hari kita lakukan
tentunya dijadikan plampiasan di sela sela waktu senggang untuk refreshing atau
berlibur yang satu diantaranya hobi sekaligus penikmat alam. Kegiatan semacam
itu (outdoor) sudah menjadi tren atau sedang naik daunnya setiap tahunnya
bertambah banyak yang melakukannya mulai dari pelajar, mahasiswa hingga orang
tua. Beberapa kegiatan tersebut, seperti hiking, climbing, diveing, snorkeling,
rafting sudah menjadi hobi special untuk menghilangkan kejenuhan di dunia kerja
atau pun kejenuhan para pelajar untuk mengisi liburannya. Disamping kita
melakukan kegiatan tersebut tak mungkin kita tidak membutuhkan perlengkapan
kebutuhan atau alat apa pun untuk melakukan kegiatan tersebut. Kita harus
melengkapi persiapan kita sebelum melakukan kegiatan semacam outdoor khususnya
kebutuhan alat atau barang-barang lainnya yang kita butuhkan, agar kegiatan
yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala atau
kejadian hal-hal yang tidak kita inginkan. Ketika kita membutuhkan sesuatu
perlengkapan untuk kegiatan, kita harus memenuhinya dengan upaya mencegah hal
hal yang tidak kita inginkan.
Unuk itu apabila kita
tidak mempunyai perlengkapan yang kita butuhkan biasanya kita meminjam kepada
teman, saudara dll apabila kita tidak bisa untuk membeli pada saat itu.
Meminjam adalah salah satu kegiatan yang merepotkan karenanya selain meminta
pertolongan kepada orang lain barang yang dipinjam belum tentu sesuai sama
kita, baik itu ukuran kenyamanan dan sebagainya. Itu adalah apabila kita
meminjam perlengkapan dari orang lain.
Apabila kita tidak ingin meminjam, tentunya kita harus membeli yaitu
dengan mendatangkan toko outdoor yang menjual
barang keperluan atau alat yang dibutuhkan tersebut.
Terkadang kita harus
membutuhkan banyak waktu luang untuk
berpergian ke suatu toko hanya untuk membeli sebuah barang yang kita butuhkan.Tanpa habis pikir waktu
kita untuk berpergian semacam itu tidak ideal atau memakan banyak waktu, ya
karenanya membeli barang untuk mendatangi suatu toko membutuhkan waktu
luang yang tersedia, membutuhkan biaya,
dan juga membutuhkan tenaga. Belum lagi ketika kita ingin mendatangkan suatu
tempat toko, kita belum mengetahui apakah disekitar area tempat tinggal kita
ada toko(outdoor) yang menjual perlengkapan yang kita butuhkan atau tidak.
Masalah yang lainnya apabila kita sudah mengetahui toko outdoor yang sudah kita ketahui ,dan kita kunjungi
toko tersebut, barang yang kita cari dan barang yang kita pilih yaitu tidak
tersedia atau kosong di toko tersebut
yang sudah jauh membutuhkan biaya, waktu
dan tenaga yang kita korbankan tetapi hasilnya 0 besar ( alias tidak
menghasilkan apa apa). Belum masalah lain ketika ingin pergi akan tetapi kita
tidak mempunyai waktu, ya pasti karena waktu kita telah di habiskan di dunia
ruang lingkup kerja atau kesibukan rutinitas lain yang kita kerjakan. Bukan hal
biasa peristiwa semacam itu terjadi, karenanya ketika kita sudah lelah dengan
kegiatan aktifitas kita, belum lagi kepadatan jam yang biasa sehari hari kita
lakukan dari pagi hari hingga sore bahkan malam hari, tentu ini menjadi masalah
kita tidak mempunyai kesempatan keluar rumah apa lagi ditambahnya libur yang
hanya sekali setiap minggunya. Tentunya ketika kita mendapat jarak waktu kosong
kita lebih memilih untuk beristirahat di rumah atau melakukan kegiatan lain yang
kita ingin kerjakan atau lakukan. Menanggapi masalah tersebut merupakan fakta
yang terjadi di sekitar, atau bahkan yang kita alami sendiri. Disamping Masalah
tersebut masalah yang lainnya adalah keterbatasan barang yang kita ingin beli, maksudnya disini
keterbatasan stok barang yang diproduksi di toko yang kita datangi, maupun di
toko lain beda daerah dan kota lainnya. Pada satu tahun belakangan saya ingin
membeli jaket salah satu produk dalam negri.
Saya mencari di sekitar
toko tempat tinggal yang menjual khusus outdoor tidak tersedia atau barang
telah habis, selanjutnya mencari di toko
pasar lainnya yang menjual perlengkapan outdoor dan tidak ada satupun produk cocok dengan saya.
Salah satu ketika toko tersebut jauh dari tempat tinggal saya. Namun hal
tersebut untuk mendatangi pabrik tersebut yang
berada di salah satu toko di Jakarta timur tidak ada kesempatan untuk
pergi karena keterbatasan waktu.
Masalah lainnya adalah
penawaran harga ketika kita berhasil mendapatkan barang yang kita inginkan. Di
toko yang kita kunjungi, para
pedagang/penjaga toko mungkin memberikan harga yang sangat tinggi. Masalahnya
ketika kita mengunjungi toko satu ke toko lainnya dengan membeli atau
menanyakan barang yang sama pasti penawaran harganya berbeda. Hal tersebut
merupakan masalah kecil yang kita hadapi ketika mengunjungi toko tempat kita membeli barang. Kita harus
mengetahui harga tersebut atau mencari informasi terlebih dahulu agar kita
tidak tertipu oleh si penjual. Belum lagi barang yang kita pilih sesuai dengan
apa yang kita inginkan, maksudnya sesuai atau tidak bahan yang kita pilih,
kecocokan warna ataupun ukuran merupakan masalah yang sangat penting karena itu
merupakan sesuatu dari kenyamanan bagi para si pemakai. Mengenai Ukuran disini
bermacam macam ada ukuran lokal dan ada ukuran international, maka harus sesuai
dengan kebutuhan kita agar lebih cocok dan nyaman untuk kita pakai nantinya.
Barang original juga perlu kita ketahui karena
tak menutup kemungkinan para penjual bisa saja menjual barang tersebut
meyerupai barang original(KW). Masalah seperti itu lah yang terjadi kalau kita
ingin membeli barang perlengkapan outdoor atau
bahkan barang apapun.
1.2
Rumusan Masalah.
Membeli barang dengan mengunjungi
suatu toko sangat tidak efektif karena selain menghabiskan banyak waktu, juga
menghabiskan tenaga dan ongkos. Untuk
itu memilih pemasaran dengan Online shop
lebih baik selain menguntungkan waktu tenaga dan juga lebih efektif. Karena
dengan mengenalkan online shop sebagai
salah satu teknik untuk mempermudah jual beli, dengan berkembangnya teknologi
& komunikasi era modern sekarang ini internet bisa mempermudah jual beli
dengan membangun website ataupun akun social lainnya.
1.3 Pertanyaan Masalah Masalah.
1.
Model penjualan seperti apakah yang dapat
digunakan untuk mempermudah pemasaran dan jual beli.
2.
Bagaimana membuat penjualan dan pembelian yang visible sehingga dapat mempermudah
proses jual beli.
1.4 Latar Belakang Teoritis
Teknologi
informasi saat ini semakin berkembang dan meningkat dengan adanya internet.
Dengan adanya internet sumber informasi mudah didapat. Hampir semua orang sudah
melakukan aktifitas maupun pekerjaan yang dibantu dengan adanya internet.
Penggunaanya pun cukup mudah sehingga kita tidak perlu lagi pergi ke sana sini
untuk mencari internet, karena di era saat ini handphone yang kita gunakan
sudah bisa melakukan aktifitas internet. Di era perinternetan saat ini maka
dibutuhkan sebuah website dalam menunjang bisnis dunia maya ini. Kita tahu
bahwa dengan adanya internet maka semuanya terasa tidak terbatas antara ruang
dan waktu. Semua dimensi terlampaui oleh media yang namanya website dan
internet. internet telah berkembang
pesat pada beberapa tahun belakangan ini, semakin bertambahnya jumlah manusia,
semakin meningkatnya kreatifitas dan pola pikir kemajuan teknologi (IPTEK) dan
sulitnya mencari informasi untuk keperluan pengetahuan, maka demikian, kita
bisa terbantu dengan adanya aplikasi web dan browser internet . Internet
berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi,
tetapi juga mampu mengolah informasi. Internet merupakan media yang bisa
diandalkan untuk penyebaran informasi dari semua aktifitas disegala bidang.
Melalui internet pula aktifitas e-commerce berkembang. Bahkan jual beli pun
lebih banyak dilakukan secara online melalui media internet. Bayangkan saja
kita hanya tinggal duduk di depan komputer hanya tinggak klik klik saja dan
semuanya serba terkoneksi internet. Perkembangan internet di indonesia
sendiri saat ini sangat membantu dalam
perkembangan setiap dimensi kehidupan di dunia. Sudah selayaknya sekarang kita
optimalkan potensi internet untuk kegiatan yang positif.
Outdoor shop
merupakan toko penyedia alat kebutuhan kegiatan luar ruangan yang biasa di
butuhkan untuk kegiatan luar ruangan (outdoor) . Tidak hanya itu, sekedar
berpergian yang bisa juga dikatakan travelling atau backpacker saat ini banyak mencari berbagai kebutuhan
barang yang diperlukan. Salah satunya adalah website penjualan outdoor
shop, yang memang sekilas untuk dilihat
oleh kebanyakan orang sedikit peminatnya
untuk membeli barang dan produk tersebut, karena selain toko dengan jumlah yang
banyak dan harga barang di dalamnya tersebut cukup mahal, pembelian per harinya pun tidak seramai
penjual makanan. Mengapa demikian, karena barang tersebut hanya dipakai untuk
kegiatan yang jarang dilakukan.
Sejak kehadiran internet dan boomingnya berbagai
aktifitas social media, banyak pihak membuat website untuk kepentingan bisnis
atau usaha yang telah berusaha berlomba
- lomba untuk membuat toko tersebut berbasis e-commerce, karena membuat website merubah semua kegiatan
marketing dan juga memangkas biasa-biaya operasional. maka tak dipungkiri sudah
selayaknya membangun penjualan berbasis elektronik yang perkembangan saat ini pesat karena
teerbantu dengan adanya internet.
Para pelanggan dapat mengunjungi toko yang
berbasis online(online store) dengan mudah dan nyaman. Mereka dapat melakukan
transaksi di rumah, sambil duduk di kursi atau sambil aktifitas lain yang
nyaman di depan computer.
Bisnis berbasis
internet juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya
dalam bisnis ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan
menggunakan media internet. Baik itu di handphone, computer atau sebagainya
yang tersambung jaringan internet. Bila saat ini banyak orang memiliki sesuatu
yang dapat dibisniskan dalam kehidupansehari-hari, maka kemungkinan besar dapat juga membuka bisnis tersebut di dunia
maya. Misalnya kita memiliki toko tesebut di suatu tempat, dan selama ini toko
tersebut hanya berada di pinggir jalan dan tidak diketahui secara luas toko
tersebut oleh banyak orang, maka kemungkinan besar kita dapat mengembangkan
usaha tersebut dengan membuka toko di
dunia maya. Pada dasarnya konsumen dapat membeli barangapa saja dari toko berbasis
online tersebut. Berbagai produk telah tersedia, ya tentunya sama seperti punjalan
barang di toko pada umumnya dan bahkan bisa mengembangkan kegiatan lain yang
tidak mengacu pada penjualan itu saja.
1.5 Hipotesis
Ada jawaban
sementara terhadap rumusan masalah. Karena sifatnya masih sementara karena
belum adanya penelitian, maka perlu dibuktikan kebenarannya melalui data
empiric yang terkumpul. Sugiyono ( 2010:305).
Dari pernyataan
di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap
permasalahan yang diteliti sampai terbukti melalui data yang terkumpul.
Berdasarkan kerangka teori dan kerangka berfikir diatas, maka dapat disimpulkan
bahwa :
- Diduga efektif jual beli secara
Online terhadap pemasaran produk di internet, website dan social media lainnya.
- Diduga tidak efektif
jual beli Online terhadap pemasaran produk di internet, website dan
social media lainnya.
1.6 Time Table
Penulisan
dilaksanakan pada semester (5) ganjil tahun ajaran 2017 yaitu antara bulan
Oktober sampai dengan Desember 2017 dengan alokasi sebagai berikut :
Jadwal
Penulisan
|
Bulan
Pelaksanaan 2017
|
||||||||||||||||
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||
Minggu ke -
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pertemuan kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan Judul
&Topik Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis Pendahuluan
BAB 1 Latar Belakang Masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis Rumusan
Masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis
Pertanyaan Masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membuat Latar
BelakangTeoritis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis Hipotesis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyusun Time Table
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membuat
Daftar Pustaka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar