ANALISIS & PERANCANGAN SISTEM ( Flowchart )


ANALISIS & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

TUGAS TOPIK 1

Berikan contoh dari suatu masalah, lalu gambarkan dengan: Flowchart Paperwork, 
Flowchart Skematik, dan Flowchart Proses. Masing-masing dari Flowchart tersebut, berikan keterangan dan penjelasan.


Jawab :

Konsep Dasar Flowchart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alur (flow) di dalam program atau prosedur system secara logik. Flowchart membantu Sistem Analis dan Programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan membantu dalam menganalisis alternatifalternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan di evaluasi lebih lanjut.

  


Flowchart Paperwork


Flowchart ini menulusuri alur data dari data yang ditulis melalui system. Flowchart paperwork sering disebut juga dengan flowchart dokumen. Kegunaan utamanya adalah untuk menulusuri alur form dan laporan system dari satu bagian ke bagian lain baik bagaimana alur form dan laporan diproses, dicatat dan disimpan.


Gambar diatas menggambarkan suatu contoh masalah mengenai alur pembuatan kartu anggota untuk suatu perpustakaan.  Dimana yang pertama anggota harus memiliki formulir, ketika sudah mendapatkan formiulir lalu diisi sesuai data yang bersangkutan, ketika data sudah diisi sesuai dengan data yang benar maka formulir tersebut akan dimasukkan ke dalam computer(proses pengisian data). Ketika sudah dimasukkan ke dalam computer biro administrasi akan menerima formulir yang sudah diisi dan akan diproses untuk dijadikan sebbuah kartu yang akan diberikan atau di tanda tangani oleh kepala perpustakaan agar mengetahui identitas kartu anggota. Lalu ketika kartu tersebut sudah sesuai dengan identitas si pembuat beserta di ketahui oleh kepala perpustakaan maka kartu tersebut akan diberikan kembali oleh biro administrasi dan si calon pemilik bisa langsung mengambl kartu tersebut yang sudah jadi ke biro administrasi.


Flowchart Skematik.



Yaitu menggambarkan suatu system atau prosedur. Flowchart skematik tidak hanya menggunakan symbol – symbol flowchart standar saja, namun juga mengggunakan gambar- gambar komputer , peripheral, dan alat – alat lainnya yang digunakan dalam system.
 Fungsi dari flowchart ini untuk alat komunikasi antara analis dengan seseorang yang tidak mengetahui symbol- symbol  flowchart yang konvensional. Digunakan gambar sebagai pengganti dari symbol – symbol flowchart akan lebih menghemat waktu bagi sesseorang untuk mempelajari abstrak sebelum dapat mengerti flowchart.


                         
    

Dari gambar diatas dijelaskan bahwa client akan menkoneksikan suatu server berbasis web server untuk membuat suatu website misalnya yang nantinya akan di ketik atau di coding oleh client dengan menggunakan php untuk perancangan web tersebut yang nanti akan diterima oleh mesin pembaca di suatu text editor dengan format .php.  Setelah web dibuat dengen doc index untuk menjalankan ke browser maka dibuat kembali atau di modif kembali dengan format html agar ketika dijalankan web browser lebih mudah dan lebih dimengerti desainnya, format html akan dibaca oleh web server apakah sintak dalam pembuatan sudah benar atau belum ketika sudah benar dan diterima maka bisa dilihat dan dijalankan di web browser trsebut dan dapat diterima dengan baik dan mudah oleh si client.


Flowchart Proses.


Flowchart Proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Dalam analisis
sistem, flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri alur suatu laporan atau form.



Dalam analisis sistem, flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri alur suatu laporan atau form.  Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahasa pemrograman.


                                               


Analisa:
1)    Mahasiswa melakukan proses registrasi di Bank.
2)    Mahasiswa mengumpulkan berkas  persyaratan wisuda.
3)  Jika berkas belum lengkap, maka Mahasiswa tidak dapat melakukan pengisian formulir dan diharuskan melengkapi berkas  persyaratan wisuda.
4) Jika berkas persyaratan wisuda sudah lengkap, maka Mahasiswa dapat melakukan pengisian formulir pendaftaran wisuda.
5)  Mahasiswa yang sudah mengisi formulir pendaftaran wisuda, akan menerima bukti pendaftaran wisuda.
6)   Mahasiswa yang sudah menerima bukti pendaftaran wisuda dapat mengambil Toga.
7)   Proses pendaftaran wisuda selesai.


Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP