Membuat Poster Sederhana Dengan Adobe Photoshop CS6



Pengantar Animasi & Desain Grafis
Tutorial Desain Grafis Poster Dengan Adobe Photoshop CS6




NAMA ANGGOTA KELOMPOK    :
1.     Imam Aqro Muzamah                        (13115299)
2.     Indri Yulianti                                      (13115372)
3.     Irma Safitri                                         (17115831)
4.     Irwan Hidayat                                     (13115467)
5.     Khrisna Indra Kurniawan                   (13115751)
6.     Korveto Dwi Septian M.                    (13115746)
7.     Muhammad Abdan Syakuran             (14115446)
8.     Muhammad Luthfi Tamami               (14115696)
9.     Muhammad Pasca Ramadhan            (14115719)
10.  Muhammad Sesio Dhia R.                  (14115791)
Dosen Pengajar :Eel Susilowati

Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informsi
Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
201
7/ 2018


PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat animasi, mengedit gambar, memberikan efek dan fitur-fitur pada gambar. Adobe Photoshop yaitu perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar atau yang disebut market leader untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto. Keunggulan aplikasi dari software ini yaitu pengolah gambar yang hasilnya adalah lebih bagus dan jika gambar atau foto di perbesar maka tidak akan pecah-pecah hasilnya. Di photoshop banyak sekali fitur-fitur yang menarik, contohnya seperti foto asli dapat di ganti seperti gambar di komik dan banyak yang lainnya.



1.2 Tujuan
1. Menyelesaikan tugas yang telah diberikan.
2. Mendalami hal mengedit gambar menjadi lebih bagus.
3. Dapat mengetahui fitur-fitur yang menarik dalam Photoshop.



PEMBAHASAN

Hallo sobat blogger, threed kali ini akan membahas tutorial desain grafis bagaimana membuat sebuah poster sederhana seperti gambar di atas dengan menggunakan aplikasi editor photo Adobe Photoshop. Dan Tanpa harus berbasa basi Panjang lebar lagi, langsung saja kita masuk ke topik pembahasan kita kali ini, CHECK IT OUT!
Hal pertama yang tentunya harus kalian telah lakukan ialah, telah menginstal aplikasi Adobe Photoshop tentunya. Dan pada pembuatanya mimin menuggunakan Adobe Photoshop ver. CS6, bila kalia telah menginstal dengan ver. yang lain, hal itu tidak akan menjadi sebuah hambatan atau masalah bagi kita untuk membuat poster yang akan kita buat. Langsung saja mari kita buka aplikasi Adobe Photoshop yang telah terinstal di computer kalian masing – masing.


Ini adalah tampilan awal dari user interface yang disediakan oleh AdPhotoshop untuk para user memulai lembaran kerja mereka. Langsung saja kita membuat dua lembar kerja baru dengan menekan tombol shortcut CTRL + N atau dengan menklil tombol file > new.


  1. Buatlah lembar kerja dengan ukuran kertas (Preset) International Paper dengan ukuran Size A4, lalu klik OK. Lembar kerja ini nantinya kan kita gunakan sebagai lembar kerja untuk membut poster yang akan kit buat.
  2. Dan buatlah satu lembar kerja lagi untuk kita membuat sebuah Text Styling untuk penulisan produk kita dengan menggunakan Preset Custom lalu ubah ukuran Width dan Height lembar kertas kita menjadi 20cm x 20cm lalu klik OK.


Setelah berhasil membuat lembar kerja yang diperluka, langsung saja kita masuk ke lembar kerja ke 2 yang kita gunakan sebagai Text Style.


Gambar diatas merupakan tempilan lembar kerja kita, dan langsun saja kita duplicate layer background kita dengan menekan tombol kombinasi CTRL + J, atau dengna Klik kanan Layer Background > Duplicate layer.


Setelah berhasil kita menduplicate layer background, langsung saja kita hide layer background dengan menklik tombol button mata yang terdapat pada contoh gambar diatas yan di beri highlight kotak merah kecil. Setelah itu kita ubah warna dari layer1 menjadi warna hitam agar kita dapat lebih mudah perubahan warna kita nantinya (OPTIONAL) dengan menklik tombol button Fill Color (letak toolsnya berada di kotak yg di highlith merah) lalu pilih solid color > Ubah warna menjadi hitam > OK.


*Kotak merah kecil di gambar atas, merupakan tombol button tools yang untuk merubah warna sebelumnya.

Dan gambar diatas juga merupakan penampkan bila kita telah berhasih merubah warna tampilan layer kita. Langkah selanjutnya ialah membuat tulisan pada lembar kerja kita, kita dapat dapat menekan tombol T untuk shortcut text, atau bisamenekan tombol tools button yang berada di sebelah kiri gamba yang berbentuk T. Langkash selanjutnya ialah mengetikan nama produk sesuai yang kita ingin kan, dan ataur warna sesuai dengan keinginan kalian.



Bila telah selesai dengan nama yang kalian pilih, langkah selanjutnya kita akan bersenang senang dan mempercantik tampilan dari Text yang telah kita buat dengan menambahkan FX pada text yang telah kita buat. Caranya ialah dengan menklik tombol FX yang terdapat pada pojok kanan bawah seperti yang terdapat pada gambar, dan pilih laaah FX yang ingin kalian gunakanuntuk mempercatik tulisan text kalian.


Dan seperti yang telah kalian lihat, pada tutorial ini FX yang thor gunakan ialh stroke warna putih, dan memberikan tambahan gradient pada tulisan.

*FX yang digunakan kalian lihat pada kotak yang diperikan highlight berwarna merah

Setelah kalian selesai dengan memberikan FX pada tulisan yang kalian buat, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah menconvert layer text yang telah kalian buat tersebut menjadi bentuk smart object. Caranya ialah dengan Klik kanan pada layer text > Convert to Smart Object.


Bila kalian telah berhasil melakukannya maka akan terjadi perubahan layer kerja untuk layer text kalian. Lihat perubahan yang terjadi pada gambar di bawah ini.



Bila telah seperti ini, itu berarti kalian terlah berhasil menconvert layer kerja text kalian menjadi object pintar, yang nantinya kan mempermudah kita dalam memindah mindahkan layer kerja kita ke lembar kerja lainnya. Dan bila telah selesai dari tahapan ini, maka sejenak kita beralih pada lembar kerja A4 kita  yang akan kita buat menjadi poster..


Ini ialah merupakan tampilan laman awal untuk kita memlai membuat poster. Dan seperti sebelumnya, langsung saja kitaduplicate layer backgroundnya dengan menekan tombol CTRL + J. Dan untu pewarnaanya, kita akan mecoba metode yang sedikit berbeda, yaitu dengan menggunakan fungsi tools Gradient Mapping. Untuk selengkapnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini.


Untuk tools buttonnya sendiri, Gradient map terletadi pada kotak highlight berwarna merah yang ukurannya paling kecil, dan kalian dapat menuntukan warna yang kalian inginkan dengan memilih warna yang tersedia pada kotak berwarna merah, dan bila kalian ingin menciptakan warna tersendiri, kalian dapat double klik kolom warna yang  diberi garis warna merah persegi Panjang.

Setelah kalian selesai menentukan warna untuk tampilan dasar kalian, untuk sementara waktu kita kembali lagi pada lembar kerja text kita untuk mencopy paste hasil kerja kita sebelumnya ke lembar kerja poster yang sedang kita buat. Caranya dapatkalian lihat pada kolom gambar di bawah ini.


Yang pertama yang harus kalian lakukan adalah klik frame yang di beri kotak warna merah kecil dengan sambilmenekan tombol CTRL (CTRL + Left Click).

*Tahan tombol CTRL dulu baru di klik

Bila kalian telah berhasil melakukan hal diatas, maka kalian akan melihat garis potong potong yang ada pada keseluruhab text seperti yang terdapat pada gambar diatas, dan bila  itu telah terjadi kalian dapat langsung men copy paste ke laman kerja poster kalian dengan cara CTRL + C lalu pindah ke lembar kerja poster kalian dan drop CTRL + V atau juga bisa dengan klik kanan pada gambar > copy lalu pindah kelembar kerja poster klik kanan > paste.



Dan BOOM WALAA, jadi laaaah seperti gambar yang di atas ini, namun  proses pembuatan kita tidak selesai sampa disini, langkah selanjutnya tinggallah mempercantik tampilan dari poster kita. Karena ini berhubungan dengan kecantikan estetika, maka disinilah tahap kreatifitas di bebaskan,  kalian dapat mengeksplorenya sendiri, dan tidak perlu mengikuti langkah di blog ini. Namun tidak sampai di situ kita akan melanjutkan ini sampai selesai.

Karena ini bertemakan tentang kripik kentang, maka thor disini menambahkan chips chips kentang ke dalam poster.




Pada kasus ini kalian dapat membuka gambar yang telah kalian siapakan untuk tema kalian dengan Klik File pada menu button > Open (cari gambar yang telah kalian siapkan). Attau kalian bisa langsung mendrag and drop gambaryang telah kalian siapkan kedalam photoshop.

Pada kasus ini, karena kita hanya membutuhkan kentangnya saja maka kita hanya perlu mengambil dan memisahkan kentan dengan serbetnya. Caranya ialah dengan menggunakan selection tool rectangural yang berada pada kolom tool di sebelah kiri > seleksi hanya pafa kentangnya saja > CTRL + C > pindah ke laman kerja poster > CTRL + V.



Maka untuk sementara waktu hasilnya akan berbentuk seperti ini, Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah merapikan serakan dari tunpukan kripik kentang diatas. Caranya hampir sama dengan yang tadi, kita hanya perlu menggunakan selection tools (polygon lasso tools) *lihat di gambar*
  • Lakukan Seleksi (pada layer kripik kentang) *buka layer lain
  • CTRL + X
  • CTRL + V (Optional: kalian bisa juga men DELETE nya bila memang tidak diperlukan)
  • Atur penempatannya dan besar kecilnya dengan CTRL + T, dan bila sudah TEKAN ENTER
  • Kembali ketahap 1 lagi, dan begitu seterusnya hingga menurut kalian hasil yang kalian inginkan telah telah tepenuhi 


Ini merupakan gambaran hasil ketika kita telah selesai me-remap gambaran yang kita miliki sebelumnya, tidak selesai sampai disitu, untuk lebih memperindahnya lagi kita akan menabahkan stardust untuk memberikan kesan gurih pada setiap potongan ketangnya liat pada gambar di bawah ini.





Sama pada tahapan sebelumnya, kita hanya perlu men drag and drop bahan yang telah kita siapakan kedalam lembaran kerja photoshop kita, atau dapat kita lakukan dengan Kilik file > open sperti pada tahapan sebelumnya. Jika sudah, disini kita hanya akan memaikna effect, opacity dan juga fill yang telah disediakan oleh photoshop dari layer yang kita buka. Kita hanya pelu mengubah effectnya dari Normal > Screen, lalu atur Opacity & Fill  sesuai kebutuhan.


Dan WUMBO, jadi laah seperti ini. Lakukan hal tersebut lagi pada sisi bagian atasnya.
Untuk sentuhan terakir, jangan lupa untuk menabahkan hastag dari poster yang kita buat agar dapat menarik perhatian lebih dari para konsumennya nanti.


Dan WALAAA, jadilah sebuah poster....
Namun tidak cukup sampai disitu, langkah terakhir yang harus di lakukan setelah ini ialah JANGAN LUPA UNTUK SAVE pekerjaan kalian di tempat yang mudah kalian temui dan juga save tipe datanya sesuai kebutuhan kalian.

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas aplikasi Adobe Photoshop CS6 dapat membantu user dalam pembuatan poster, banner, iklan, dan lain sebagainya. Poster Cris Chips merupakan bentuk iklan yang dapat digunakan user untuk membantu mempromosikan barang dagangannya.

Saran

Dalam pembuatan poster menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 masih terdapat kekurangan. Saran dan kritik yang membangun dapat membantu kami untuk mengembangkan pembuatan poster sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Referensi
Nuryadi Photoshop CS6, “Cara Membuat Brosur Promosi Kuliner Dengan Photoshop”, https://www.youtube.com/watch?v=-aNKZo19k0Y , Diambil : 22 Juni 2018.

Dan itulaaah hasil akhir dari perjalanan kita, dan untuk reference kalian dapat mencari cari pada mesin penulusan kalian, dan bila ingin mencari bahan tambahan untuk pembuatan projek kalian, kalian bisa mencarinya pada mesin penulusaran kalin dengan menambahkan format .PNG, hal lainpun yang perlu kalian lakukan ialah untuk jangan pernah takut mengekplore dan mencoba setiap tools yang telah disediakan.

So, that’s all what we can give for you, terimakasih telah mampir di blog kami, dan  mohon  bila ada kekurangan kekurangan kata, and hope its help you so, thank you and see ya on next thread... 

Komentar

  1. selanjut nya tutorial membuat brosur dong min, dan cara nya lebih detail
    makasih

    BalasHapus
  2. Membuat Poster Sederhana Dengan Adobe Photoshop Cs6 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Poster Sederhana Dengan Adobe Photoshop Cs6 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Poster Sederhana Dengan Adobe Photoshop Cs6 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 9I

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP