Pengantar Animasi & Desain Grafis Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Adobe Flash Player

Pengantar Animasi & Desain Grafis Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Adobe Flash Player

Pengantar Animasi & Desain Grafis
Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Adobe Flash Player



NAMA ANGGOTA KELOMPOK   :

1.   Imam Aqro Muzamah                         (13115299
2.   Indri Yulianti                                        (13115372)
3.   Irma Safitri                                           (17115831)
4.   Irwan Hidayat                                      (13115467)
5.   Khrisna Indra Kurniawan                    (13115751)
6.   Korveto Dwi Septian M.                      (13115746)
7.   Muhammad Abdan Syakuran              (14115446)
8.   Muhammad Luthfi Tamami                 (14115696)
9.   Muhammad Pasca Ramadhan              (14115719)
10. Muhammad Sesio Dhia R.                   (14115791)

Dosen Pengajar                                   :
Eel Susilowati



Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informsi
Sistem Informasi

Universitas Gunadarma
2017/ 2018



TEMA

“Visualisasi Komik Strip”


ABSTRAK

Animasi yang dibuat merupakan tugas dari mata kuliah softskill Pengenalan Animasi & Desain Grafis. Animasi ini menggunakan Adobe Flash. Referensi yang digunakan yaitu video tutorial dari youtube dan beberapa artikel dari google. Ide yang digunakan dalam pembuatan animasi bersumber dari video suatu official account di instagram. Terdapat dua karakter yang dibuat yaitu laki-laki berbaju biru dan merah dengan background halaman depan rumah. Animasi ini akan dijelaskan bagaimana cara pembuatannya menggunakan software Adobe Flash.


PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.


1.2 Tujuan

1. Menyelesaikan tugas yang telah diberikan.
2. Mendalami pembuatan dan pengeditan animasi.
3. Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang animasi.




PEMBAHASAN

 



 



 Hal pertama yang harus kalian lakukan ialah menginstal aplikasi Adobe Flash Player versi berapapun, tapi disarankan versi 3.0 ke atas . Berikut ini merupakan langkah – langkah membuat animasi menggunakan aplikasi Adobe Flash Player :



 Ini adalah tampilan awal dari user interface yang disediakan oleh Adobe Flash Player untuk para user memulai lembaran kerja mereka.
Langsung saja kita membuat dua lembar kerja baru dengan menekan tombol shortcut CTRL + N atau dengan menklik tombol file > new.



 Lalu pilih type document-nya Action Script 3.0
Setelah berhasil membuat dokumen yang baru, langsung saja kita masuk ke jendela kerja yang kita gunakan.



Gambar diatas merupakan tempilan jendela kerja kita dan langsung saja kita rename layer menjadi background agar mengetahui di layer mana kita berkerja. Hal selanjutnya adalah membuat background dari animasi tersebut, caranya adalah memberikan Shape dengan berbagai bentuk dan warna sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.



 Setelah berhasil membuat layer background, langsung saja kita membuat layer baru untuk karakter pertama dengan cara klik icon add layer pada tab menu timeline. Kemudian rename layer menjadi Char merah untuk karakter pertama.



 * Gambar karakter diatas dibuat menggunakan adobe photoshop. Setidaknya kalian memiliki 2 emot karakter atau lebih agar saat dijalankan di adobe flash gambar menjadi lebih hidup.

Selanjutnya kalian dapat menambahkan karakter yang sudah dibuat dengan cara IMPORT dengan cara klik File > import > import to library  atau kalian langsung dapat men-drag and drop file yang sudah ada lagnsung ke tab library pada adobe flash player.



 Untuk memasukan karakter yang ada di library kalian bisa men-drag and drop file kedalam layer frame.



Kemudian kalian dapat memasukan karakter yang sama dengan emot berbeda agar karakter tersebut sepeti sedang membuka mulut pada frame berikutnya. Hal yang harus diperhatikan adalah ukuran dan posisi dari karakter pada frame sebelumnya yang telah kalian masukkan.



 Setelah itu kalian dapat memasukan file audio yang sudah dibuat sebelumnya dengan cara merekam suara kalian . Cara nya sama seperti import file gambar tadi atau kalian dapat langsung men-drag file tersebut dan ditaruh di tab library.



 Apabila kalian telah berhasil melakukannya maka selanjutnya adalah menabahkan layer baru untuk layer suara dari karakter tersebut. Hal selanjutnya lumayan rumit yaitu menyelaraskan antara suara karakter dengan suara yang ada. Kalian dapat melakukannya dengan merubah emot pada frame saat dia bersuara agar selaras antara gambar dan suara.



 *dapat dilihat banyak nya frame.
Apabila gambar dan suara telah selaras dan menurut kalian sudah cukup kalian hanya perlu melakukan hal yang sama untuk lawan bicara dari karakter pertama.


 



Namun tidak cukup sampai disitu, langkah terakhir yang harus di lakukan setelah ini ialah JANGAN LUPA UNTUK SAVE pekerjaan kalian agar aman dan terjaga filenya.
Jika kalian ingin menyimpan file dalam bentuk video kalian hanya perlu meng-export-nya kedalam bentuk file video antara lain file .AVI

        

 Kemudian jangan lupa untuk memasukan sound formatnya lebih baik pilih 44Khz, 16 bit stereo agar sound dapat terdengar setelah file di export dan diputar nantinya.

    


PENUTUP


Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas aplikasi Adobe Flash dapat membantu user dalam pembuatan animasi, movie, game, dan lain sebagainya. Animasi yang kami buat bertujuan untuk menghibur masyarakat.

Saran

Dalam pembuatan animasi menggunakan aplikasi Adobe Flash masih terdapat kekurangan. Saran dan kritik yang membangun dapat membantu kami untuk mengembangkan pembuatan poster sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.
          

Referensi


Dalang Pelo, “Acil Isengin Monyet” https://www.youtube.com/watch?v=zzLufma3IFA, Diakses 23 Juni 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP