Vclass Staff
Vclass Staff
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
PTA 2018/2019
Dosen : Rifiana Arief
1. Bagaimana
spesifikasi / kriteria khusus sebagai pedoman untuk memilih orang untuk posisi
Manajer Proyek, Pimpinan Proyek, dan Programmer senior dan junior.
Jawab:
Ø
Manajer Proyek (Project Manager)
PM adalah posisi pertama yang harus
diisi. Pekerjaan ini diisi ketika proyek masih sekilas di mata orang, karena PM
yang pertama menentukan apakah sebuah proyek dapat dikerjakan atau tidak.
Manajer tingkat atas menugaskan PM. Mereka mencari seseorang yang memiliki
kemampuan berkomunikasi dengan baik. Keahliankeahlian lain yang mereka cari
adalah pengetahuan tentang manajemen proyek, kemampuan mengorganisasi, dan
keahlian teknik.
Kadang-kadang pekerjaan PM
membutuhkan aksi yang tidak umum seperti berkata “Tidak” untuk perubahan
permintaan yang menyimpang, mengumumkan kesalahan, atau mendisiplinkan
orangorang. PM harus mengetahui orang-orang yang terlibat sama seperti dalam
politik, prosedur-prosedur pemakaian, dan proyek perusahaan. Keahlian yang
dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah kepemimpinan yang luas, kemampuan
bernegosiasi dan diplomasi.
Ø
Pimpinan Proyek (Project Leader)
Pimpinan Proyek adalah posisi kedua
yang harus diisi. Sangatlah baik jika PM memilih orang ini. Pertama, PM harus
bernegosiasi dengan Manajer Fungsional untuk tugas-tugas PL, kemudian yakinkan
PL untuk bergabung dalam tim. PL terdaftar pada proposal karena banyak detail
proposal dikerjakan oleh PL. Pekerjaan ini sangat bersifat teknis, karenanya
pilihlah ahli yang terbaik. Jangan mencari orang yang tidak mempunyai
pendirian. Lebih baik mencari orang yang dapat mengingat pembuatan detail
keseluruhan proyek tersebut.
PL juga harus memiliki kemampuan
berkomunikasi yang baik. PL akan memimpin keseluruhan wawancara dengan user dan
menjadi pengawas harian bagi programmer.
Ø
Programmer
PM dan PL akan mulai berpikir
tantang siapa yang dapat membentuk tim pemrograman dan bertanya pada Manajemen
Fungsional (jika diperlukan) tentang kemampuan orang-orang ini (Programmer).
Kemudian, ketika kontrak ditandatangani, mulailah mengumpulkan tim programmer
Anda.
Pertama pilihlah Programmer dengan
kemampuan pemrogramannya. Sebagai tambahan carilah keterangan tentang
pengalaman mereka, tetapi bukan seseorang yang sudah melakukan hal yang sama
selama 5 kali berturut-turut – orang ini akan bosan. Jika kandidat tersebut
tidak memiliki pengalaman yang sesuai, hal lain yang dapat dipertimbangkan
adalah latar belakang tentang sistem operasi, atau hal lainnya.
Ø
Programmer Ahli (The Guru Programmer)
Gaya hidup baru telah berevolusi
sejak komputer ditemukan. Hal ini adalah Programmer Ahli atau “Hacker”. Orang
ini bekerja secara misterius, pada jam-jam yang aneh; suka menentang dan tidak
mau diatur, hanya ingin mengerjakan tugas sesuai dengan keinginanya. Tetapi
ahli dalam bidangnya, dapat membuat program tugas-tugas yang rumit 10 kali
lebih cepat dari orang lain. Disarankan jika Anda memiliki orang ini, organisasikan
sebuah tim dan 1 ahli ini dikelilingi oleh para pemula. Hal ini akan sukses
jika ahli tersebut senang menjelaskan sesuatu kepada orang lain (seperti yang
biasa mereka lakukan) – para pemula akan belajar dari ahli ini.
Ø
Programmer Pemula (The Junior Programmer)
Programmer pemula biasanya memiliki
bakat dan mempunyai keinginan untuk membuktikan diri mereka. Ada dua keahlian,
bagaimanapun itu tidak selalu diajarkan di sekolah : komunikasi tim dan
komunikasi manajemen. Selalu ada kompetisi di sekolah. Bahkan pada sebuah tim
proyek, para siswa tidak membantu diantara sesama mereka. Mereka mungkin tidak
diajarkan untuk berbagi pekerjaan kepada anggota tim yang lain. Dalam sebuah
perusahaan seorang anggota tim hanya berhasil jika keseluruhan tim berhasil.
Bersamaan dengan itu, para siswa
mungkin tidak diajarkan bahwa para manajer setiap saat harus selalu tahu apa
yang sedang dikerjakan setiap orang dan bagaimana kemajuan tugas mereka. Ini
mungkin tidak dibutuhkan untuk sebuah tugas sekolah. Tetapi jika anda mengajarkan
Programmer Pemula untuk berkomunisasi, Anda akan memiliki anggota tim yang
tidak terhingga nilainya.
2. Deskripsikan penilaian kriteria kepribadian yang harus
diperhatikan ketika memilih staff untuk proyek.
Jawab:
ü
Anda membutuhkan seseorang yang dapat
berkomunikasi, yang merupakan bagian dari sebuah tim, serta dapat berbagi
pengetahuan dan ide-ide dengan baik, tetapi juga harus mau menjalankan ide-ide
tersebut.
ü
Anda membutuhkan seorang pendengar yang baik,
seseorang yang akan mendengarkan pendapat orang lain dan mau mengakui jika
pendapat-pendapat tersebut lebih baik.
ü
Anda membutuhkan seorang yang terorganisir. Akan
banyak tugas yang harus dilakukan, setiap tugas pada waktu yang tepat.
ü
Anda tidak membutuhkan seseorang yang
perfeksionis. Pilihlah seorang yang dapat bekerja pada saat deadline. Selalu
ada cara yang terbaik, tetapi jika hal ini berhasil sekarang, keluarkan sesuai
waktu, dan simpan kemajuan ini untuk versi berikutnya.
ü
Anda membutuhkan seseorang yang mempunyai
kemampuan teknik terbaik, seorang analitis dan logis, dengan pengalaman yang
sesuai.
3. Jelaskan
hal penting yang perlu diperhatikan ketika memberikan tugas ke individu
Jawab:
Dalam
bukunya “The Psychology of Computer Programming”, G. Weinberg
menyatakan bahwa motivator terbesar dari seorang programmer adalah mempelajari
hal baru. Selalu berikan tugas yang lebih menantang dari tugas sebelumnya.
Tetapi jangan memberikan sebuah tugas yang rumit untuk Programmer Pemula –
mungkin tidak akan selesai, dan tugas yang rumit ini pun juga tidak akan
terselesaikan oleh para ahli.
Jika
ada tugas-tugas yang berhubungan, berikan pada orang yang sama. Jika ada
program yang berhubungan dengan program lain, berikan program ini kepada
seseorang pada posisi yang sama (atau 2 orang yang sangat dekat).
Berikan
tugas-tugas yang kritis dan tugas-tugas yang sulit kepada orang yang paling
diandalkan. Orang yang dapat diandalkan bukanlah “Ahli” yang dapat
menyelesaikan tugas dalam 2 hari, tetapi orang tersebut menyelesaikan dalam 4
atau 10 hari tergantung pada mood orang tersebut. Orang yang dapat diandalkan
berkata “Tugas ini akan selesai 5 hari”, dan selama waktu itulah yang
diperlukan.
Jangan
memberikan tugas yang membuat seseorang menjadi tidak disiplin. IBM telah
menemukan bahwa sebuah organisasi dimana Kepala Tim Programmer / Chief
Programmer Team (CPT) sangat produktif. Dengan metode CPT, seorang kepala ahli
programmer melakukan semua pengkodean yang rumit (80%), dibantu oleh para
pemula untuk pengkodean yang lebih mudah (20%). Tetapi jika ketua pergi, maka
anak buah akan menghilang.
Untuk
mencegah hal ini, IBM biasanya menggunakan sebuah sistem bersahabat, dimana
seorang programmer ditugaskan untuk bekerja dengan sangat dekat dengan kepala
programmer, membantu dan berbagi muatan pekerjaan jika mungkin, dan mempelajari
semua hal yang diketahui oleh kepala programmer.
Komentar
Posting Komentar