Strategi Mengerjakan Soal Structure Pada Toefl atau Toeic ( Tugas 3 )


Strategi Mengerjakan Soal Structure Pada Toefl atau Toeic

Bagian yang paling susah mengerjakan TOEFL, kebanyakan orang pasti akan menjawab bagian “structure and written expression”. Sebagian besar orang bisa ngomong Bahasa Inggris cap-cip-cus tapi agak kagok kalau harus menulis. Apalagi jika dituntut menggunakan structure dan grammar yang benar. Yep, bagian ini memang membutuhkan kejelian dan pengetahuan extra. Bukan semata-mata menebak mana yang paling enak untuk dibaca, grammar membutuhkan analisa dari rumus tenses yang sudah dibakukan.

Lihatlah subjek dan kata kerja pada kalimat utama. Jika tidak ada subjek atau frasa kata kerja yang lengkap, harus menemukannya pada pilihan jawaban. Untuk membantu melihat subjek dan kata kerja utama, sederhanakan kalimat dengan menghilangkan frasa preposisi (preposisi ditambah artikel (a, an, and, the), kata sifat, atau kata benda.Tentukan struktur seperti apa yang diperlukan kalimat. Baca kalimat untuk melihat apakah kalimat tersebut masuk akal dan terlihat benar.

Ada lima belas bagian soal grammar dalam menyempurnakan kalimat, mulai dari noun phrase, word order, conjuction, parallel coonstruction, clause, comparison, gerund, superlative, conditional, hingga pronoun. Misalnya, berikut ini contoh penyelesaian dalam bentuk noun phrase (frasa kita benda).

Salah satu tes dalam TOEFL adalah sesi Reading Comprehension. Pada sesi tes Reading di TOEFL ini akan mendapatkan 50 pertanyaan dari 5 sampai 7 pessage dalam waktu 55 menit. Artinya harus benar-benar bisa memahami isi paragraf dengan baik kemudian dengan cepat mengisi soal yang ditanyakan. Strategi dasarnya dalam mengerjakan tes Reading TOEFL adalah dimana satu soal harus bisa dijawab dengan 1 menit saja karena sisa waktu digunakan untuk melingkari jawaban. Tantangan besar dalam tes Reading ini adalah daya dalam memahami isi dan konteks paragraf biasanya kebendaharaan kata yang dimiliki sangat dipengarmempengaruhi. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah memahami jenis soal karena pada soal reading banyak sekali jenis soalnya. Mengetahui jenis soal dengan tepat adalah langkah awal menuju jawaban kita yang tepat dan benar pula. Strategi dalam tes TOEFL bagian Reading kali ini akan membahas jenis-jenis soal yang sering keluar dalam tes TOEFL ITP. Berikut uraian beberapa Tipe Pertanyaan  Reading Comprehension dan strateginya :

1.       Main idea questions

Pada jenis soal ini anda akan diminta mengidentifikasi topik utama ataupun gagasan keseluruhan yang merangkum keseluruhan isi paragraf. Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jeni ini adalah anda harus mengetahui gagasan utama pessage. Caranya cukup baca 1 kalimat awal tiap paragraf kita akan langsung mengetahui jawabnnya. Pola umum bacaan dalam TOEFL adalah 80{d9775817d1000b7b9cd87670de73f89ee785f44791f9392668bc2eef96b49779} pola deduktif dimana gagasan utama akan dijelaskan dalam 1 kalimat awal. Kalimat berikutnya adalah bagian penjelasan yang menjabarkan kalimat utama. Jadi ga usah dibaca semuanya cukup baca 1 kalimat awal tiap paragraf.

2.       Inference questions – specific applications

Pada jenis soal ini akan diminta untuk membentuk kesimpulan berdasarkan informasi yang dibahas dalam bagian paragraf-paragraf tertentu. Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jenis ini adalah anda harus men-check satu persatu pilihan jawaban yang tersedia dan pastikan apakah pilihan jawaban itu ada pada paragraf atau tidak. Biasanya anda diminta cari satu pilihan yang salah/ mana yang tidak disebutkan. Strategi berikutnya adalah lihat baik-baik objek / kata utama dalam pilihan ganda lalu anda lansgsung skimming dimana kalimat yang berisi pilihan ganda tersebut lalu baca 1 kalimatnya dengan lengkap dan anda langsung mengetahui apakah pilihan ganda itu benar atau salah.

3.       Inference questions – general applications

Pada jenis soal ini anda akan diminta untuk menerapkan informasi dari bagian situasi umum di luar bagian ini. Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jenis ini adalah anda harus mengetahui karakter atau tujuan penulis, atau penekanan yang secara tersirat menjadi spirit penulis dalam membuat paragraf tersebut. Caranya adalah baca tiap 1 kalimat awal disetiap paragraf dan juga baca 1 kalimat akhir pada paragraf paling terakhir.

4.       Factual questions – positive

Pada jenis soal ini anda akan diminta untuk mengetahui informasi spesifik dibahas dalam bagian paragraf-paragraf yang ada. Hal ini sangat penting karena anda harus mengetahui dengan detai setiap bagin-bagian paragraf dengan benar. Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jenis ini adalah hampir sama dengan strategi ke dua bedanya dalam hal ini harus mimilih satu pertanyaan yang benar dari pilihan ganda yang isi pernyataanya salah. Strateginya harus men-check satu persatu pilihan jawaban yang tersedia dan pastikan apakah pilihan jawaban itu ada pada paragraf atau tidak. Strategi berikutnya adalah lihat baik-baik objek / kata utama dalam pilihan ganda lalu lansgsung skimming dimana kalimat yang berisi pilihan ganda tersebut lalu baca 1 kalimatnya dengan lengkap dan langsung mengetahui apakah pilihan ganda itu benar atau salah.

5.       Factual questions – negative

Pada jenis soal ini anda akan diminta untuk mengidentifikasi informasi tidak dibahas dalam bagian ini atau secara tersirat informasinya. Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jenis ini adalah harus men-check satu persatu pilihan jawaban yang tersedia dan pastikan apakah pilihan jawaban itu ada pada paragraf atau tidak. Biasanya diminta cari satu pilihan yang salah/ mana yang tidak disebutkan. Strategi berikutnya adalah lihat baik-baik objek / kata utama dalam pilihan ganda lalu lansgsung skimming dimana kalimat yang berisi pilihan ganda tersebut lalu baca 1 kalimatnya dengan lengkap dan langsung mengetahui apakah pilihan ganda itu benar atau salah.

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah sebuah tes kecakapan bahasa inggris yang mengukur kemampuan bahasa inggris Anda dalam dunia kerja dan bisnis. TOEIC memang sering digunakan sebagai salah satu tes requirement di sebuah perusahaan. Contohnya: PERTAMINA. CONOCOPHILIPS, dan HOLCIM. Sebenarnya tes TOEIC ini mirip dengan tes TOEFL, hanya saja tes TOEFL ini biasanya digunakan untuk melanjutkan kuliyah baik itu S1, S2, dan seterusnya, tetapi masih ada beberapa perusahaan yang juga menggunakan persyaratan TOEFL sebagai persyaratannya. Contohnya: PLN dan PUSRI.

Bentuk soal dari test TOEIC ini adalah pilihan ganda yang menggunakan audio, gambar, dan tulisan (bacaan) dengan jumlah soal sebanyak 200 butir dan  TOEIC ini memiliki kisaran skor mulai dari 10 – 990. Tes TOEIC ini akan dibagi menjadi 2 sesi yaitu: sesi  listening dan sesi reading dan akan diberi waktu sebanyak 2 jam.

1.       Sesi 1: Listening

Pada sesi ini akan mendengarkan sejumlah pertanyaan dan percakapan singkat dalam bahasa inggris, dan Anda akan diminta menjawab berdasarkan informasi yang didengar. Pada sesi listening ini akan di beri waktu sebanyak 45 menit. Dibawah ini ada penjabaran singkat dari bagian sesi listening:

·         Bagian 1: Gambar (Photographs) terdiri dari 20 soal.
·         Bagian 2: Pertanyaan – respon (Question and Responses) terdiri dari 30 soal.
·         Bagian 3: Percakapan ringkas (Short Conversations) terdiri dari 30 soal.
·         Bagian 4: Dialog singkat (Short Talks) terdiri dari 20 soal.

Untuk tips secara umumnya pada bagian 1 dan 2  ini, jawablah langsung setiap nomor ketika Anda sudah mendengarkan pertanyaannya dan langsung hitamkan pada jawaban Anda, jika Anda tidak tahu maka pilihlah jawaban secara acak, segera lupakan pertanyaan tersebut dan langsung fokus pada pertanyaan selanjutnya karena tidak ada gunanya kembali pada bagian-bagian ini nanti. Pada bagian 3 dan 4, bagian ini akan jadi lebih sulit jika kita bandingkan dengan bagian 1 dan 2, rekomendasi saya adalah: pertama, baca 3 pertanyaan dan semua jawaban yang tersedia sebelum record dimulai. Ini akan jauh lebih mudah jika Anda melakukan cara ini. Yang kedua adalah jangan menjawab langsung pada lembar jawaban Anda. Cukup tandai terlebih dahulu yang benar menurut Anda ketika record sedang berjalan. Ketika record selesai maka hitamkan lah dengan cepat 3 jawaban pada lembar jawaban kemudian segeralah Anda pindah ke 3 pertanyaan berikutnya (baca terlebih dahulu 3 pertanyaan dan jawaban) ketika speaker membaca 3 pertanyaan untuk percakapan sebelumnya (record). Jika Anda tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan maka tinggalkan pertanyaan tersebut dan akan jauh lebih berguna jika Anda membaca 3 pertanyaan berikutnya. Tetapi setelah Anda mendengarkan seluruh bagian selesai maka Anda dapat kembali pada pertanyaan-pertanyaan yang Anda tidak bisa jawab sebelumnya. Jika Anda tetap tidak bisa menjawab maka Anda bisa menebak jawaban dari pertanyaan tersebut dengan cara mengeliminasi jawaban-jawaban yang salah terlebih dahulu pada pertanyaan tersebut.




2.       Sesi 2: Reading

Peserta akan membaca berbagai material dan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan  isi bacaan. Pada sesi reading ini Anda akan di beri waktu sebanyak 75 menit. Dibawah ini ada penjabaran singkat dari bagian sesi reading:

·         Bagian 5: Kalimat tidak sempurna (Incomplet Sentences) teridiri dari 40 soal.
·         Bagian 6: Mencari kesalahan kalimat (Error Recognitions) terdiri dari 20 soal.
·         Bagian 7: Membaca (Reading Comprehensions) terdiri dari 40 soal.

Pada bagian reading ini, Pertama, Anda harus memperhatikan waktu yang Anda habiskan pada setiap bagian. Saya melihat beberapa tutorial di internet tentang managemen waktu  TOEIC pada bagian reading seperti ini:

·         Bagian 5 (40 soal) + Bagian 6 (20 soal) : 40 menit
·         Bagian 7 (40 soal) : 35 menit

Metode ini lumayan bekerja dengan baik bagi saya, Anda bisa mencobanya sendiri. Yang kedua adalah bacalah pertanyaan dan jawabannya dengan cepat sebelum Anda membaca teks dari nomor tersebut. Dan  yang ketiga adalah jangan tergoda  untuk tidak membaca seluruh teks dari nomor tersebut dengan tujuan untuk menghemat waktu, itu bukan lah ide yang baik. Anda harus membaca segala sesuatu yang ada di teks tersebut dan kemudian menjawab pertanyaan.

Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AQIDAH, SYARIAH, AKHLAK

Soal Tentang PHP